Kolonel Laut (P) M Zainudin Jabat Kadispen TNI AL

Kolonel Laut (P) M Zainudin Jabat Kadispen TNI AL
Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E. mengucapkan selamat kepada pejabat baru Kadispenal Kolonel Laut (P) M. Zainudin, S.H. ( Foto: Dispenal )
Eko Priyatmono Rabu, 24 Juni 2015 | 17:49 WIB

Jakarta - Jabatan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (kadispenal) resmi diserahterimakan dari pejabat lama Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir, kepada pejabat baru Kolonel Laut (P) M. Zainudin, di Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (24/6).

Upacara serah terima jabatan kadispenal dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, serta dihadiri oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Widodo, para irjenal, koorsahli kasal, para asisten kasal, serta para kasatker Mabesal lainnya.

Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, dalam amanatnya, mengatakan, bahwa Dispenal yang bertugas membantu kasal dalam pelaksanaan kegiatan penerangan meliputi penerangan pasukan, penerangan umum serta pembinaan sejarah di lingkungan TNI AL, sangat penting perannya dalam mempublikasikan, dan mensosialisasikan, berbagai kegiatan kedinasan dan kebijakan pemimpin TNI AL, kepada seluruh personel TNI AL dan masyarakat.

“Muara dari tugas berat yang dipikul tersebut adalah untuk mewujudkan citra positif TNI AL di tengah masyarakat,” katanya.

Kasal menambahkan, dinamika perkembangan lingkungan strategis global, regional maupun nasional ke depan, maka tugas TNI AL semakin kompleks dan penuh tantangan.

Dalam era globalisasi dan keterbukaan informasi saat ini, peranan publikasi sangat penting sebagai brand making setiap institusi dalam mewujudkan tujuannya. Disamping itu, publikasi juga digunakan sebagai image building, untuk mewujudkan kepercayaan publik terhadap institusi yang bersangkutan.

“Kepercayaan publik menjadi modal utama setiap insitusi dalam menjalankan misi dan mencapai visinya. Untuk itu Dispenal harus terus meningkatkan kemampuannya dalam kegiatan fungsi penerangan, yang ditujukan untuk memberikan penerangan dan informasi yang aktual kepada masyarakat dan seluruh anggota TNI AL beserta keluarganya yang pada gilirannya dapat membangun dan meningkatkan opini positif tentang TNI AL,” tegas kasal.

Pejabat baru Kadispenal, Kolonel Laut (P) M. Zainudin, sebelumnya menjabat sekretaris lembaga di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal), dan merupakan perwira lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan-32 tahun 1987.

Perwira Korps Pelaut kelahiran Magetan 3 Maret 1962 yang akan mendapat promosi bintang satu tersebut, selama dinas di TNI AL banyak dihabiskan di lingkungan Armada, lembaga pendidikan, dan perencanaan.

Jabatan yang pernah diembannya ialah komandan KRI Pulau Raas-722 dan komandan KRI Nuku-373, kadepdik Pusdikopsla Kodikal, danlanal Bangka, asops Lantamal X Jayapura, dan asrena Pangkolinlamil serta asrena Pangarmabar.

Sebelum sertijab telah dilaksanakan pembacaan memorandum serah terima jabatan kadispenal mencakup berbagai tugas dan program kerja yang telah, sedang, dan yang akan dilaksanakan Dispenal ke depan oleh Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir kepada Kolonel Laut (P) M. Zainudin, dihadiri para Perwira Dispenal, bertempat di ruang rapat Dispenal, gedung B-4, lantai 1, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Serta telah dilaksanakan pula serah terima jabatan Ketua Ranting D Gabungan Jalasenastri Mabesal dari Ny Manahan Simorangkir kepada Ny Zainudin.

Sumber: PR
CLOSE