Jabatan Komandan Pasmar 1 dan 2 Resmi Diserahterimakan

Jabatan Komandan Pasmar 1 dan 2 Resmi Diserahterimakan
( Foto: beritasatu.com )
Yeremia Sukoyo Senin, 10 Agustus 2015 | 23:24 WIB

Jakarta - Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana memimpin serah terima jabatan Komandan Pasmar-1 dan Pasmar-2 dalam upacara serah terima jabatan di Bhumi Marinir Karang Pilang, Surabaya, Senin (10/8).

Jabatan Komandan Pasmar-1 diserahterimakan dari pejabat lama Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H kepada Kolonel Marinir Lukman Hasyim, ST.,M.Si (Han) yang sebelumnya menjabat sebagai Asintel Dankormar, sedangkan Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H akan menempati jabatan sebagai Kepala Staf Korps Marinir.

Sedangkan Jabatan Komandan Pasmar-2 diserahterimakan dari pejabat lama Brigjen TNI (Mar) RM. Trusono, S.Mn kepada Kolonel Marinir Hasanudin yang sebelumnya menjabat sebagai Asops Dankormar, sementara itu Brigjen TNI (Mar) RM. Trusono, S.Mn akan menempati jabatan baru sebagai Komandan Lantamal III Jakarta.

Rangkaian upacara serah terima jabatan diawali dengan rentetan ledakan bungalor torpedo, kemudian diikuti manuver berbagai jenis material tempur yang dimiliki Korps Marinir TNI AL seperti Komob Anti Peperangan Elektronika, Tank BMF-3F, BTR 50 PM, Tank PT 76 M, RM 70 Grad, BVP-2 serta tembakan Meriam Howitzer 105 mm.

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Buyung Lalana dalam amanatnya menjelaskan, serah terima jabatan pada hakekatnya merupakan bagian penting dalam perjalanan organisasi.

Selain itu juga sebagai bagian dalam proses pembinaan karir seorang perwira Korps Marinir TNI AL dengan harapan akan selalu muncul ide-ide baru yang lebih segar dan inovatif sekaligus membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi.

"Sehingga senantiasa responsif dalam mengantisipasi dan menghadapi berbagai tantangan tugas di masa depan," kata Buyung dalam keterangannya, Senin (10/8).

Sebagai komando pelaksana utama Korps Marinir, Pasmar-1 dan Pasmar-2 merupakan kekuatan pemukul strategis sebagai bagian dari komponen pertahanan Negara Kesatuan republik Indonesia.

Pasukan tersebut memiliki tugas pokok sebagai pasukan pendarat amfibi TNI Angkatan Laut yang senantiasa siap diproyeksikan dari laut ke darat.

Selain tugas pokok, juga memiliki tugas-tugas lainnya seperti bantuan keamanan, bantuan bencana alam, bantuan SAR dan membantu tugas-tugas lainnya yang bersinergi dengan aparat TNI lainnya, aparat kepolisian serta aparat pemerintahan lainnya.

“Dengan berpedoman kepada tugas-tugas tersebut, Pasmar-1 dan Pasmar-2 berkewajiban untuk melaksanakan program pembinaan dan latihan secara berkelanjutan guna mewujudkan tingkat kesiapsiagaan operasional dan tingkat profesionalitas yang tinggi sehingga tugas-tugas tersebut dapat terlaksana dengan dengan hasil yang memuaskan,” ungkapnya.

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE