Diundang HUT ke-440 Ambon, Dubes AS Merasa Tersanjung

Diundang HUT ke-440 Ambon, Dubes AS Merasa Tersanjung
Dubes AS untuk Indonesia Robert O. Blake Jr. ( Foto: us-infantry / us-infantry )
Vonny Litamahuputty / MUT Senin, 7 September 2015 | 12:03 WIB

Ambon - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert O Blake dan Konsul Jenderal AS, Heather Variava mengunjungi Ambon Maluku untuk pertama kalinya pada  4 hingga 7 September 2015. Kedatangan mereka untuk memenuhi undangan perayaan hari ulang tahun ke-440 Kota Ambon.

"Saya merasa terhormat mengunjungi wilayah Maluku untuk pertama kalinya dan merayakan hari ulang tahun ke-440 Kota Ambon. Saya berterimakasih kepada Gubernur Maluku Said Assagaff, serta Walikota Ambon Richard Louhenapessy untuk sambutan hangat mereka," kata Dubes di Lapangan Merdeka Ambon, Senin (7/9).

Blake juga ikut dalam perayaan ulang tahun ke-80 Gereja Protestan Maluku (GPM) Minggu malam (6/9) di Baileo Siwalima Karpan Ambon. Selain itu, delegasi juga mengunjungi Masjid Agung Al Fatah dan Masjid Jami' Ambon yang dibangun pada  1860 dan juga salah satu masjid tertua di Ambon.

"Baik Indonesia dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang dikenal dalam ketaatan beragama serta keseragaman dalam hak beragama. Rasa hormat kami untuk nilai-nilai agama dan kebebasan beribadah merupakan landasan kami dalam demokrasi multi-etnis dan multi-agama," ujarnya.

Blake juga mengunjungi Universitas Pattimura (Unpatti) dan American Corner yang terletak di universitas tersebut. Ia berbicara di hadapan dosen dan mahasiswa tentang hubungan antara Unpatti dan Amerika Serikat, termasuk pengajar Bahasa Inggris dari Amerika (English Langsung Fellow) di universitas tersebut, American Corner dan beberapa alumni dari program beasiswa AS.

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE