25 Keluarga Banten Ditransmigrasikan ke Sulsel dan Maluku

25 Keluarga Banten Ditransmigrasikan ke Sulsel dan Maluku
Gubernur Banten Rano Karno melepas peserta transmigrasi asal Banten menuju Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Maluku, di Serang, 10 Des. 2015. ( Foto: Laurens Dami/ Suara Pembaruan )
Laurens Dami / HA Jumat, 11 Desember 2015 | 06:30 WIB

Serang - Pemerintah Provinsi Banten mengirim peserta tramigrasi sebanyak 25 keluarga (KK) yang berasal dari Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang ke Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Provinsi Maluku.

Keberangkatan para transmigran ini dilepas secara resmi oleh Gubernur Banten Rano Karno di Hotel Ledian, Kota Serang, Kamis (10/12).

Rano mengatakan kegiatan tramigrasi adalah untuk menyongsong masa depan yang lebih baik lagi bagi masyarakat.

“Saya berharap kepada peserta tramigransi setelah sampai di tempat tujuan untuk beradaptasi dengan adat dan kebudayan setempat agar terjalin hubungan harmonis dengan masyarakat setempat," kata Rano.

"Saya bangga melepas anda untuk menata yang masa depan lebih baik. Saya harapkan kepada peserta jangan pulang ke Banten sebelum berhasil.”

Menurut Rano program transmigrasi jangan sampai terhenti karena ini merupakan program nawacita dari Presiden Joko Widodo yaitu memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Rano menjelaskan, salah satu kabupaten yang akan ditempati oleh transmigran Banten yakni Kabupaten Seram. Ini adalah daerah laut dengan ikan tunanya yang luar biasa. Daerah ini sangat tepat bagi transmigran Banten untuk mengembangkan potensi yang ada.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tramigrasi (Disnakertrans) Provinsi Banten Hudaya Latuconsina mengatakan Banten pada tahun ini mengirim peserta trasmigrasi sebanyak 25 keluarga yang berasal dari Kabupaten Serang sebanyak 10 keluarga dan Kabupaten Pandeglang sebanyak 15 keluarga. Peserta transmigrasi ini akan diberangkatkan Jumat (11/12).

Peserta transmigrasi ini akan berangkat ke Kabupaten Luwuk Timur Provinsi Sulsel dan Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara dan Kabupaten Seram bagian Timur Provinsi Maluku.

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE