KPU Menangkan Kasasi di MA, Ujang-Jawawi Gagal Ikut Pilkada Kalteng

KPU Menangkan Kasasi di MA, Ujang-Jawawi Gagal Ikut Pilkada Kalteng
Ilustrasi Pilkada Serentak ( Foto: Beritasatu.com )
Yustinus Paat / PCN Kamis, 24 Desember 2015 | 15:01 WIB

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhirnya memenangkan kasasi di Mahkamah Agung melawan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Nomor urut 3 di Kalimantan Tengah, Ujang Iskandar dan Jawawi. Dengan kemenangan ini, Ujang-Jawawi tidak bisa lagi ikut pilkada di Kalteng.

"KPU memenangkan kasasi melawan termohon kasasi, Ujang Iskandar dan Jawawi," ujar Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah melalui pesan teks, Rabu (23/12) malam.

Sebagaimana diketahui, KPU mengajukan kasasi atas putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang mengabulkan gugatan pasangan calon Ujang-Jawawi dengan nomor perkara 29/G/Pilkada/2015/PT.TUN.JKT. tanggal 8 Desember 2015.

Kemudian, MA dalam amar putusan yang dibacakan pada 23 Desember 2015, menyebutkan Mengadili Mengabulkan permohonan kasasi dari Pemohon Kasasi KPU tersebut dan Membatalkan Putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Jakarta yang memenangkan paslon Ujang-Jawawi.

Dengan dikabulkannya permohonan kasasi, maka Para Termohon Kasasi dinyatakan sebagai pihak yang kalah, dan karenanya dihukum untuk membayar biaya perkara dalam tingkat kasasi ini.

Konsekuensi lanjutnya, Pilgub Kalteng tetap akan diikuti oleh dua paslon yakni paslon nomor urut 1 H Sugianto Sabran- Habib H Said Ismail (Sohib) dan Palon Nomor Urut 2 yakni Willy M Yoseph-HM Wahyudi K Anwar (Wibawa).

Atas putusan tersebut, Ferry mengungkapkan ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh KPU dalam melanjutkan pilkada Kalteng di antaranya adalah distribusi, tahapan, anggaran, personil, hingga logistik. Karena itu, kata dia, Pilkada Kalteng ini belum bisa dipastikan apakah terlaksana tahun 2015 atau 2016.

Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE