Cagub Kalteng Sugianto Janji Tak ke MK

Cagub Kalteng Sugianto Janji Tak ke MK
Pasangan Calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng nomor urut 1 ?H Sugianto Sabran-Habib H Said Ismail ( Foto: Istimewa )
Barthel B Usin / HA Sabtu, 30 Januari 2016 | 04:54 WIB

Palangka Raya – Calon gubernur Kalimantang Tengah Sugianto Sabran berjanji tidak akan menggugat hasil pemilihan gubernur (pilgub) yang digelar 27 Januari lalu, sedangkan kalau terpilih dia mengimbau lawannya untuk mengambil sikap yang sama.

"Kami tidak mengharapkan proses hukumnya sampai ke meja hijau di Mahkamah Konstitusi (MK)," kata Sugianto didampingi calon Wakil Gubernur Habib H Said Ismail, yang dikenal dengan pasangan "Sohib", di Palangka Raya, Jumat (19/1).

Dalam pilgub ini, mereka berdua bertarung melawan pasangan Willy M Yoseph-Wahyudi K Anwar.

“Memang ada aturan jika secara hukum selisih dukungan kurang dari dua persen masih terbuka peluang melakukan gugatan hasil Pilkada. Tapi jika Sohib berada dalam pihak yang kalah dukungan, maka sudah menjadi komitmen, meskipun selisihnya hanya 00,03 persen tidak akan melakukan gugatan ke MK,” tandas Sugianto.

Jika menang, kata Sugianto, dia akan merangkul semua rival politiknya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat provinsi ini.

“Kemenangan saya nanti merupakan kemenangan bagi suku Dayak. Saya dan Willy saudara Dayak, hanya bedanya Willy Dayak Siang dan saya Sugianto Dayak Ot Danum,” ujarnya, sembari memuji pelaksanaan pilgub yang lancar dan tanpa insiden.

"Kita harapkan suasana aman, damai dan kondusif ini akan terus bisa dipertahankan untuk kelangsungan pembangunan provinsi yang masih perlu kerja keras menyejajarkan diri dengan banyak provinsi lain di Indonesia," ujarnya.

Menurut Ketua Tim Pemenangan "Sohib", Ir. Abdul Razak, kubunya memenangi pilgub berdasarkan rekapitulasi internal formulir C1 hingga, Jumat siang (29/1) yaitu 4.93.788 suara atau 53,06 persen.

Dari 13 kabupaten dan satu kota di Kalteng, kata Abdul, 'Sohib" menang di sembilan daerah, yakni Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kobar, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kapuas, danKabupaten Pulang Pisau.

Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE