Ribuan Pengunjung Padati Tempat Wisata di Puncak-Cipanas

Kawasan Puncak, Cianjur, Jawa Barat. (BeritaSatu Photo/Mohammad Defrizal)

Oleh: / YUD | Jumat, 6 Mei 2016 | 17:20 WIB

Cianjur - Ribuan pengunjung memadati tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, Cianjur, Jabar, dimana dimasing-masing tempat wisata seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Perumahan Kota Bunga, pengunjung menyemut dan diperkirakan akan mencapai puluhan ribu.

"Untuk hari ini sampai pukul 3 sore diperkirakan angka kunjungan sudah mencapai 10 ribu, sebagian besar pengunjung datang mengunakan kendaraan besar jenis bus. Kendaraan yang masuk didominasi bernopol Jabodetabek, termasuk ribuan kendaraan jenis roda dua," kata Tatang staf Humas Kebun Raya Cibodas, saat dihubungi Jumat (6/5).

Dia memperkirakan hingga hari terakhir libur panjang akhir pekan kali ini, puncak kujungan akan mencapai angka 20 ribu pengunjung, meskipun kawasan tersebut sering diguyur hujan dengan curah yang cukup tinggi, namun tidak mengurangi minat pengujung untuk berwisata di kebun raya yang memiliki hawa pegunungan itu.

Seiring melonjaknya angka kunjungan ungkap dia, pihak pengelola membatasi kunjungan ke sejumlah fasilitas yang tersedia, seperti lokasi penyemaian dan lokasi pengembangan tanaman khas Gunung Gede Pangrango yang dikembangkan kebun raya, guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

Sementara Franki pengelola Perumahan Kota Bunga yang memiliki sejumlah tempat wisata yang dibuka secara umum, menuturkan, sejak satu hari yang lalu, angka kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut, meningkat hingga 100 persen dibandingkan dengan hari libur biasa. Meskipun tidak memastikan berapa jumlah pengunjung, pihaknya memperkirakan angka kunjungan mencapai 5000 orang perhari.

"Kami tidak bisa pastikan angkanya karena pengunjung yang datang berbaur dengan pemilik vila yang ada di perumahan ini, perkiraan kami untuk pengunjung tempat wisata mencapai 5000 orang setiap hari. Kalau tingkat hunian rumah diperkirakan mencapai 65 persen," katanya.

Hal senada terucap dari Ayi staf humas Taman Bunga Nusantara di Kecamatan Sukaresmi, dia menjelaskan, memasuki hari kedua libur panjang kali ini, angka kunjungan meningkat 100 persen. Pihaknya memperkirakan hari kedua libur kali ini, jumlah pengunjung mencapai 25 ribu orang yang sebagian besar datang mengunakan bus.

"Kalau melihat jumlah kendaraan roda empat termasuk bus, parkiran kami hampir penuh ditambah parkiran sepeda motor yang sudah sampai keluar, perkiraan kami angka kujungan sudah lebih dari 25 ribu. Puncak angka kunjungan kami perkirakan akan terjadi Sabtu dengan angka kunjungan diatas 30 ribu," katanya.




Sumber: ANTARA
ARTIKEL TERKAIT