Lukman Wahyu Hariyanto Jadi Kapolda Pertama Sulbar

Lukman Wahyu Hariyanto Jadi Kapolda Pertama Sulbar
Ilustrasi Polisi ( Foto: berita satu / IST )
Farouk Arnaz / PCN Sabtu, 28 Mei 2016 | 09:35 WIB

Jakarta- Kapolri Jenderal Badrodin Haiti tak hanya mengganti Kabareskrim dan tiga Kapolda dalam mutasi yang diatur dalam ST/1314/V/2016 tertanggal 27 Mei 2016. Kapolri juga menunjuk kapolda Sulawesi Barat (Sulbar) yang pertama.

Dalam salinan Surat Telegram yang diterima Beritasatu.com, Jumat (27/5) malam, yang ditunjuk sebagai Kapolda Sulbar adalah Karo Provos Div Propam Brigjen Lukman Wahyu Hariyanto.

Pengganti Lukman adalah Brigjen Bambang Purwanto yang sebelumnya menjabat analisis kebijakan utama bidang Sosek Sahli Kapolri. Polda Sulbar adalah pemekaran dari Polda Sulsel.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya mutasi kali ini mengatur beberapa posisi penting. Yaitu Wakabareskrim Irjen Ari Dono akhirnya naik pangkat sebagai Kabareskrim.

Dia menggantikan Komjen Anang Iskandar yang memasuki masa pensiun. Selanjutnya posisi Wakabareskrim diisi oleh Direktur Narkoba Bareskrim Brigjen Antam Novambar.

Kursi yang ditinggal Antam diisi Brigjen Dharma Pongrekun yang kini menjabat Karo Korwas PPNS Bareskrim.

Dalam rangkaian ini juga ada pergantian Asisten SDM Polri Irjen Sabar Rahardjo yang pensiun dan pergantian tiga Kapolda .

Posisi yang ditinggal Sabar Rahardjo diganti oleh Kapolda Jabar Irjen Jodie Rooseto. Posisi Jodie lalu diisi oleh Widya Iswara Utama Irjen Bambang Waskito.

Selanjutnya posisi yang ditinggal Bambang, bukan diisi oleh Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto (sebagaimana pernyataan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti sebelumnya) melainkan oleh Brigjen Wahyu Indra Pramugara.

Arief dipromosikan naik bintang dua menjadi Staf Ahli Jemen Kapolri menggantikan Irjen Ricky Sitohang yang pensiun. Posisi Kapolda Kalbar selanjutnya diisi oleh Kapolda Jambi Brigjen Musyafak.

Posisi yang ditinggal Musyafak selanjutnya diisi Dir Tipiter Bareskrim Brigjen Yazid Fanani. Karokerma Sops Polri Brigjen Purwadi Arianto ditunjuk sebagai Dir Tipiter Bareskrim.

Sertijab posisi Kabareskrim, Asisten SDM Polri, Kapolda Jabar, Kalbar, Jambi, dan Sulbar akan digelar pada Selasa (31/5).

"Ini adalah kepercayaan yang diberikan pimpinan. Inshaallah amanah ini akan saya jalankan dengan sebaik-baiknya. Mohon dukungan," kata Ari Dono.

Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE