Warga Minahasa Antusias Hadiri Natal Nasional 2016

Warga Minahasa Antusias Hadiri Natal Nasional 2016
Warga Minahasa memadati tempat perayaan Natal Nasional 2016. ( Foto: Suara Pembaruan/Carlos KY Paath )
Carlos KY Paath / PCN Selasa, 27 Desember 2016 | 12:12 WIB

Minahasa - Antusiasme masyarakat Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) menghadiri Perayaan Natal Nasional 2016 begitu luar biasa. Dari pantauan, sekitar pukul 12.00 Wita, Selasa (27/12), masyarakat telah berdatangan ke Gedung Wale Ne Tou, Minahasa.

Di luar gedung, sejumlah tenda yang didirikan, lengkap dengan kursi dan ornamen merah putih juga ramai dipenuhi warga. Tenda-tenda disiapkan karena daya tampung Gedung Wale Ne Tou hanya sekitar 6.000 orang. Diperkirakan, 17.000 orang di dalam dan luar gedung akan tumpah ruah merayakan Natal Nasional.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, acara baru dimulai pukul 14.00 Wita, diawali lantunan pujian paduan suara, pertunjukan musik kolintang dan masamper serta penampilan penyanyi nasional. Acara berikutnya ibadah Natal yang bakal dipimpin Pendeta Dr Hein Arina.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan memasuki Gedung Wale Ne Tou seusai ibadah Natal. Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi nantinya merayakan Natal Nasional bersama masyarakat Minahasa.

Selain Presiden, turut hadir juga di antaranya, Presiden RI kelima sekaligus Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, menteri-menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, Sekretaris Kabinet Pramomo Anung, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian serta jajaran pemerintah dan DPRD provinsi dan kabupaten/kota di Sulut.

Perayaan Natal Nasional 2016 yang dihadiri Presiden dan tokoh-tokoh nasional di Minahasa menjadi kebanggaan masyarakat Minahasa. "Saya sebagai Bupati bangga, tapi bukan hanya saya yang bangga, dipastikan seluruh rakyat Minahasa pun bangga akan kedatangan Presidennya," kata Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow.

Kehadiran Presiden di Tanah Minahasa, menurut Jantje, tentu membangkitkan semangat masyarakat dalam membangun daerahnya. Sekaligus, lanjutnya, tetap menjaga kerukunan antarwarga.

Natal Nasional 2016 bertema Hari ini telah lahir bagimu Juru Selamat, yaitu Kristus, Tuhan, di Kota Daud (Lukas 2:11) dengan sub tema Memperkuat Persaudaraan dan Cinta Anak Bangsa.

Presiden sempat mengunjungi pusat perbelanjaan Mega Mal di Kota Manado, Sulut, Senin (26/12). Pada kesempatan itu, Presiden juga mengucapkan Selamat Natal 2016.

"Saya ingin mengucapkan Selamat Natal kepada masyarakat di Manado dan umat Kristiani di seluruh Indonesia. Selamat Natal 2016," kata Presiden.

Presiden Jokowi secara khusus memuji toleransi beragama di Kota Manado. Menurutnya, kehidupan beragama di daerah ini sangat bagus dan penuh keakraban. "Di Manado tidak ada intoleransi," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE