Tembakau Gorila dan Kecubung Diusulkan Masuk Jenis Narkoba

Tembakau Gorila. (ist)

Oleh: Farouk Arnaz / FMB | Rabu, 11 Januari 2017 | 14:39 WIB

Jakarta-- Mabes Polri mengatakan jika pihaknya bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) mengusulkan 15 jenis zat untuk dimasukan dalam Peraturan Kementerian Kesehatan. Itu termasuk tembakau gorila dan daun kecubung.

"Penyidik Polri dan pihak BNN baru bisa melakukan penegakan hukum kalau sudah diatur dalam peraturan menteri. Saat ini ada 15 jenis yang diusulkan masuk dalam peraturan itu baik (narkoba) golongan 1, 2, dan 3," kata Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri Rabu (11/1).

Menurut Martin, kecubung adalah salah satu tanaman yang memiliki efek layaknya narkoba. Tanaman berbunga mirip terompet yang banyak terdapat di alam liar dan halaman rumah-rumah di Indonesia itu jika dikonsumsi menciptakan halusinasi.

" Juga melamun, suka makan tapi malas. Ini muncul dari jenis zat kimia didalamnya sehingga perlu masuk peraturan Menkes, masuk penegakan hukum," tambahnya.

Sedangkan terkait tembakau gorila itu adalah semacam ganja buatan atau sintetis yang punya efek sama yaitu rasa malas, melamun, dan halusinasi.

Dalam prakteknya tembakau ini bisa dibuat dalam bentuk cairan yang bisa disemprot ke tembakau, rokok, dan kertas oleh para pecandunya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT