Presiden Sudah Pilih Kasau Baru Pengganti Agus

Joko Widodo. (AFP)

Oleh: Carlos KY Paath / JAS | Jumat, 13 Januari 2017 | 08:50 WIB

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) pengganti Marsekal Agus Supriatna. Namun, jadwal pelantikan Kasau baru belum diputuskan.

“Sebenarnya Presiden telah menerima usulan tiga itu, dan sepertinya juga sudah diputuskan. Kalau ditanya kapan pelantikannya, saya belum tahu,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi SP di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (12/1).

Sekadar diketahui, tiga nama calon Kasau memang sudah diajukan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. Ketiga nama yakni Wakil Kasau Marsdya Hadiyan Sumintaatmadja, Wakil Gubernur Lemhanas Marsdya Bagus Puruhito dan Inspektur Jenderal Kementerian Pertahanan Marsekal Madya (Marsdya) Hadi Tjahjanto.

Nama Hadi Tjahjanto disebut-sebut sebagai calon Kasau yang dipilih Presiden. Johan belum tahu mengenai informasi terpilihnya Hadi. Dia mengaku akan mengeceknya terlebih dahulu.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung menegaskan, Jumat (13/1) tidak ada rencana pelantikan Kasau. Dia hanya menyatakan bahwa pengumuman Kasau baru akan dilakukan secepatnya. “Diumumkan segera. Akhir Januari ini, Kasau yang sekarang sudah pensiun soalnya,” kata Pramono.

Secara terpisah, Hadi Tjahjanto membantah informasi pelantikannya. Hadi juga belum mengetahui calon Kasau pilihan Presiden. “Saya belum tahu dari tiga calon, siapa yang akan jadi. Semua calon kuat,” kata Hadi di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta.

Dia mengaku terkejut jika memang Presiden memilihnya menjadi Kasau. “Iya itu surprise (kejutan),” ucapnya singkat.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT