KPU Desak Semua Parpol Ikut Sosialisasi Sipol Pemilu 2019 i

Ilustrasi Pemilu di Indonesia

Oleh: Yustinus Paat / WBP | Sabtu, 18 Maret 2017 | 09:06 WIB

Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Juri Ardiantoro mendesak semua partai politik (parpol) calon peserta pemilu serentak 2019 mengikuti sosialisasi penggunaan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). 

"Kami ingatkan partai politik agar mengikuti acara sosialisasi Sipol yang dilakukan KPU. Karena ini bagian penting persiapan tahapan pendaftaran calon peserta pemilu tahun 2019," ujar Juri di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (17/3).

Juri menilai parpol bakal kesulitan mendaftar jika belum mengikuti sosialisasi penggunaan Sipol. Apalagi bertolak dari pengalaman sebelumnya, penggunaan Sipol membutuhkan waktu lama. "Sipol ini penting karena parpol bisa meng-input berbagai data parpol yang menjadi bahan verifikasi sebagai peserta pemilu, seperti jumlah anggota, visi-misi, dan berkas administrasi lainnya," ungkap dia.

Lebih lanjut, Juri mengatakan bahwa ada sekitar 42 parpol yang belum mengikuti sosialisasi penggunaan Sipol tahapan pertama ini. KPU, kata dia, sudah berkomunikasi dengan parpol-parpol tersebut, namun baru tujuh parpol yang bisa dihubungi.

"Karena itu, kami minta parpol-parpol lain yang belum bisa dihubungi, segera kontak KPU untuk mempersiapkan segala sesuatu yang bisa digunakan dalam verifikasi parpol melalui Sipol ini," imbuh Juri.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT