Ridwan Kamil.

Petinggi Gerindra: Persyaratan Ridwan Kamil Tak Sesuai Misi Partai

Ridwan Kamil. (BeritaSatu Photo/Danung Arifin)

Jakarta - Anggota Dewan Penasihat DPD Partai Gerindra Jawa Barat Sodik Mudjahid mengatakan partai tersebut sudah menyiapkan sejumlah bakal calon gubernur Jawa Barat, dan tampaknya dalam kondisi sekarang tanpa melibatkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Gerindra sudah beberapa kali berkomunikasi dengan Ridwan terkait pemilihan gubernur Jawa Barat namun belum ada titik temu. Selama ini Gerindra merasakannya sebagai “anak yang hilang” tetapi DPD Gerindra Jabar beberapa kali melakukan komunikasi, kata Sodik di Jakarta, Senin (21/3).

Awalnya Gerindra tetap membuka pintu untuk pencalonan Ridwan sebagai cagub Jabar.

“Tapi ada beberapa kondisi yang disampaikan Ridwan Kamil ke Gerindra yang tidak dapat kami terima karena tidak sesuai dengan platform dan visi misi partai. Sehingga Gerindra sudah punya beberapa calon yang akan dimajukan di Pilgub Jabar,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR ini.

Dia tidak menjelaskan lebih jauh apa kondisi yang disampaikan oleh Ridwan tersebut.

Sodik menambahkan partainya mempersiapkan diri untuk pemilihan gubernur Jawa Barat dengan serius karena wilayah itu strategis baik untuk pemilu legislatif maupun pemilihan presiden nantinya. Jawa Barat adalah provinsi dengan jumlah pemilih terbesar di Indonesia.

Menurut Sodik, DPD Gerindra Jabar terus melakukan inventarisasi kader dan orang-orang terbaik untuk maju di Pilgub Jabar, termasuk kader yang belum atau sudah pernah diusung oleh Gerindra dalam pilkada Kota Bandung sebelumnya seperti Ridwan.

“Partai Gerindra terus menginventarisasi dan menyeseleksi secara sistimatis bakal cagub untuk maju di Pilkada Jabar 2018 mendatang,” kata Sodik .

Namun, Sodik masih enggan menyebut siapa calon yang potensial ini.

"Nanti kita lihat. Lagi diproses di DPD Jabar," ucapnya.



Suara Pembaruan

Hotman Siregar/HA

Suara Pembaruan