Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie

DKPP Usulkan Pendirian Sekolah Pemilu

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie (BeritaSatu Photo/Joanito De Saojoao)

Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jimly Asshiddiqie, mengusulkan pendirian sekolah pemilu bagi penyelenggara pemilu khusus panitia ad hoc penyelenggara pemilu yang langsung berada di lapangan. Usulan ini, sudah disepakati oleh DKPP, KPU dan Bawaslu.

"Kita kumpul pimpinan KPU dan Bawaslu dan para mantan pimpinan untuk menjaga silaturahmi dan kita sepakat untuk mengembangkan perkumpulan sekolah pemilu," ujar Jimly seusai silahturahmi antara DKPP, KPU dan Bawaslu, di Kantor DKPP, Jakarta, Jumat (21/4).

Jimly menerangkan, sekolah tersebut bertujuan mempersiapkan dan membekali petugas penyelenggara pemilu dalam menyelenggara pemilu serentak 2019. Menurut dia, diperkirakan ada 5 juta petugas penyelenggara pemilu sampai tingkat KPPS dan Petugas TPS yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu 2019.

Jimly juga mengatakan dalam sekolah pemilu tersebut, para mantan pimpinan KPU dan Bawaslu akan terlibat langsung dalam memberikan pembinaan, penyelenggaraan, sertifikasi dan training kepada para penyelenggara pemilu.

"Kita mendiskusikan agar para mantan tidak hilang begitu saja, tetap jaga silahturahim, dan kita sepakat mau bikin perkumpulan sekolah pemilu terutama, untuk persiapan pemilu 2019. Jadi intinya, mereka (mantan pimpinan) akan terus melibatkan diri dalam berbagai aktivitas kepemiluan, walaupun sudah pensiun," jelasnya.

Lebih lanjut, Jimly mengatakan, pihaknya bersama pimpinan KPU dan Bawaslu serta para mantan pimpinan KPU dan Bawaslu baru membicarakan konsep sekolah pemilu, belum sampai hal-hal teknis. Namun, fokus yang disepakati adalah petugas penyelenggara khusus petugas di lapangan.

"Kita fokus pada petugas dulu, tapi nanti kalau ada dananya, partainya juga kita training. Itu yang harus dididik dari awal dan disekolahkan," pungkasnya.

 



Yustinus Paat/FER

BeritaSatu.com