Arus Mudik Lebaran di Jambi Meningkat i

Ilustrasi mudik dengan bus.

Oleh: Radesman Saragih / WBP | Senin, 19 Juni 2017 | 12:40 WIB

Jambi- Arus mudik dari Kota Jambi ke berbagai kota di Sumatera dan Pulau Jawa mulai meningkat. Pantauan di terminal bus Alambarajo, Kota Jambi, pada H – 7 Lebaran, Minggu (18/6), seluruh bus yang berangkat meninggalkan Kota Jambi dipenuhi penumpang.

Perusahaan otobus (PO) Putra Remaja tujuan Solo dan Yogyakarta, Jawa Tengah yang berangkat dari terminal Alambarajo, Minggu siang tampak penuh. Hal yang sama terjadi pada PO Famili Raya tujuan Padang, Sumatera Barat. Selain itu, kepadatan arus mudik Lebaran di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera wilayah Kota Jambi juga meningkat. Bus penumpang dan kendaraan pribadi yang melintas di Jalan Lingkar Barat, salah satu ruas Jalintim Sumatera di Kota Jambi cukup padat. Volume kendaraan menuju Sumatera Selatan dan Pulau Jawa maupun menuju Sumatera Barat, Riau dan Sumatera Utara meningkat.

"Kepadatan arus mudik Lebaran di Kota Jambi mulai terlihat sejak Sabtu (17/6). Namun puncak arus mudik diperkirakan terjadi H – 3 hingga H – 2 Lebaran, yakni Kamis – Jumat (22/6 – 23/6) menyusul libur sekolah dan cuti bersama," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Saleh Ridho di Jambi, Minggu (18/6).

Dijelaskan, mulai H – 7 Lebaran, Dinas Perhubungan Kota Jambi dan Polresta Jambi mengaktifkan Posko mudik Lebaran yang didirikan di beberapa lokasi terminal, bandara dan tempat keramaian. Setiap posko dijaga empat petugas Dinas Perhubungan Kota Jambi dan anggota kepolisian. Sedangkan posko mudik Lebaran di terminal Alambarajo, Kota Jambi disiagakan petugas kesehatan dan Badan Narkotika Nasional (BNN) daerah.

“Seluruh pengemudi dan kondektur bus yang berangkat dari terminal bus Alambarajo, Minggu dites urine. Namun tidak ada awak bus yang positif mengonsumsi narkoba,” katanya.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT