Arus Pemudik di Jalinbar Bengkulu Masih Sepi

Ilustrasi mudik dengan bus. (Antara)

Oleh: Usmin / WBP | Senin, 19 Juni 2017 | 14:47 WIB

Bengkulu- Arus kendaraan mudik Lebaran yang melintas di jalan lintas barat (Jalinbar) Bengkulu dari Pulau Jawa tujuan sejumlah kota di Sumatera pada H-8 Idul Fitri 1438 Hijriyah masih terlihat sepi.

Pantuan SP di jalinbar Bengkulu, di Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah, Senin (19/6) pagi, kendaraan pemudik baik bus maupun mobil pribadi masih sepi.

Kebanyakan kendaraan yang melintas di jalinbar ruas Bengkulu- Padang, Sumbar hanya kendaraan kecil yang membawa angkutan barang dan mobil pribadi masyarakat setempat.

Sedangkan bus angkutan Lebaran dan kendaraan pemudik nyaris belum terlihat. Diperkirakan pemudik di jalinar ruas Bengkulu- Padang maupun Bengkulu-Lampung mulai meningkat pada H-4 Lebaran karena sebagian pegawai sudah libur.

"Meski angkutan mudik Lebaran sudah dimulai Minggu (18/6), tapi arus kendaraan di jalinbar Bengkulu, masih sepi, karena pegawai dan karyawan swasta masih masuk kantor," kata Sumadi (45), salah seorang petugas Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya (LLAJR) di terminal Pondok Kelapa.

Ia memperkirakan arus pemudik mulai padat pada H-3 hingga H-1 Lebaran. "Selama ini kendaraan mulai memadati jalinbar Bengkulu pada H-3 hingga H-1 Idul Fitri dan tahun ini diperkirakan akan kembali terjadi lagi," ujarnya.

Sedangkan untuk kendaraan bus umum angkutan Lebaran dari Bengkulu tujuan Pulau Jawa, sejak dua hari ini mulai ramai.

Sementara petugas LLAJR tetap bersiaga 24 jam untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pemudik di jalinbar Bengkulu. "Ini dilakukan agar kendaraan pemudik tidak mendapat hambatan dalam perjalanan," katanya.

Kepala Dishub Bengkulu, Bambang Budi Djatmiko mengatakan, biasanya jalinbar Bengkulu mulai dipadati kendaraan pemudik dari Jawa ke Sumatera dan sebaliknya mulai Rabu (21/6) mendatang, karena sebagian karyawan swasta sudah libur.

Kepadatan akan berlangsung hingga H-1 Lebaran, karena PNS mulai tidak masuk kantor pada Jumat (23/6) mendatang. Pada saat ini volume kendaraan di jalinbar Bengkulu akan padat terutama tujuan beberapa kota di Sumatera.

Untuk mengantisipasi hal ini, Dishub Bengkulu, akan menempatkan beberapa petugas di tempat-tempat tertentu guna menjaga kelancaran arus kendaraan mudik.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT