H-6, Arus Penumpang Mudik Belum Naik Signifikan i

Ilustrasi mudik dengan kapal laut.

Oleh: Thresa Sandra Desfika / WBP | Senin, 19 Juni 2017 | 16:51 WIB

Jakarta– Pada H-6 atau Senin (19/6) masa angkutan Lebaran 2017 belum ada peningkatan jumlah penumpang yang berarti. Hal tersebut disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemhub) Wahju Satrio Utomo atau yang akrab dipanggil Tommy pada Senin (19/6) di Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2017 saat melakukan video conference dengan sejumlah petugas di lapangan di Pelabuhan Merak, Bandara Ngurah Rai, Nagreg Jawa Barat, Pintu Tol Cikarang Utama, Pelabuhan Batam, dan lainnya.

“Sampai hari ini belum ada peningkatan yang berarti dan situasi sekarang masih bisa di-handle oleh teman-teman di lapangan,” jelas Tommy melalui siaran pers, Senin (19/6).

Dia mengatakan, para petugas di lapangan sudah siap apabila terjadi lonjakan penumpang. Selain itu, posko kesehatan serta fasilitas umum lainnya sudah disiapkan.

Tommy menjelaskan, untuk pemudik ke arah Jawa Tengah, jalur utara dan jalur selatan sudah baik. Adapun jalan-jalan alternatif sudah siap sehingga tidak perlu memakai jalur tol semua. Dengan demikian, Tommy berharap konsentrasi kepadatan di jalan akan terpecah.

Untuk para pemudik, Tommy mengimbau agar menggunakan angkutan umum yang sudah disediakan. “Karena ini perjalanan panjang yang melelahkan, lebih baik manfaatkan angkutan umum yang sudah ada dan hindari memakai kendaraan pribadi namun apabila harus memakai kendaraan pribadi, kendaraan harus diperiksa dengan baik,” ujar Tommy.

Khusus untuk pemudik sepeda motor, Tommy berpesan agar jangan membonceng lebih dari satu orang, istirahat cukup, jangan memaksakan diri untuk mengemudi, patuhi aturan, dan ikuti petunjuk dari petugas.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT