Jembatan Layang Kesambi Siap Dilintasi Pemudik i

Jembatan Layang (Flyover) Kesambi, garapan Abipraya siap dilintasi pemudik.

Oleh: Feriawan Hidayat / FER | Senin, 19 Juni 2017 | 22:52 WIB

Jakarta - Kalangan pemudik lebaran tahun ini kini dapat bernapas lega. Pasalnya, ruas jalan Brebes - Tegal yang biasa ramai dilewati pemudik sudah dilengkapi flyover dan sudah dapat dilewati, sejak pekan lalu (16/6).

General Manager Divisi 2 PT Brantas Abipraya (Persero), Dody Setiawan, mengatakan, kehadiran flyover tersebut, diharapkan dapat mengurai kemacetan. Terlebih, flyover yang dibangun di atas lintasan kereta api tersebut telah rampung dikerjakan sesuai target.

"Diharapkan dengan adanya jembatan layang sepanjang 470 meter ini, dapat memecah kepadatan dan pemudik tidak lagi menghadapi kemacetan yang kerap terjadi di ruas perlintasan kereta api tersebut," jelas Dody Setiawan, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (19/6).

Bukannya tanpa alasan, kata Dody, antrian kendaraan yang mengular ini disebabkan oleh traffic di perlintasan kereta api meningkat sangat tinggi saat dilanda arus mudik lebaran. Mulai dikerjakan pada Desember 2016, lanjut dia, flyover ini sudah fungsional dilalui kendaraan dua arah dan menjadi alternatif lintasan mudik.

"Kesiapannya pun dapat dilihat dari permukaan ruas jalan yang sudah dibeton dan tertutup halus oleh aspal," tambah Dody.

Informasi tentang kesiapan flyover Keambi tersebut, disampaikan di sela-sela penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yaitu Penggunaan Dana Badan Usaha Terlebih Dahulu (Dana Talangan) untuk Pengadaan Tanah Tahun 2017 Bagi Pembangunan Jalan Tol dan Bendungan, (16/6).

Ada pun dana talangan untuk tiga bendungan yang digarap Abipraya yaitu, Bendungan Keureuto di Aceh, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan Bendungan Kuningan di Jawa Barat.

Dana usaha disiapkan untuk dana talangan ini kurang lebih sebesar Rp 100 Miliar. Proyek-proyek ini pun melengkapi peran dan kiprah Abipraya dalam mempersiapkan infrastruktur Indonesia.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT