Pakar politik UI Andrinof Chaniago (paling kiri)
Pengamat politik dari Universitas Indonesia Andrinof Chaniago mengemukakan jumlah peserta pemilu yang ideal pada Pemilu 2014 mendatang adalah 15 partai politik (parpol).

Dengan jumlah itu, masyarakat tidak dibingungkan untuk memilih jumlah parpol yang terlalu banyak. Selain itu masyarakat akan lebih fokus untuk memilih 15 parpol yang ada.

"Idealnya hanya 15 parpol peserta pemilu. Itu sudah sangat baik dan rasional bagi pemilih," kata Andrinof di Jakarta, Senin (23/4).

Ia memprediksikan ke-15 parpol itu adalah sembilan parpol yang telah ada di parlemen saat ini yaitu Demokrat, Golkar, PDIP, PKS, PAN, PPP, PKB, Gerindra, dan Hanura.

Partai baru yang bakal menjadi peserta pemilu adalah NasDem, Partai SRI, Nasional Republik, Partai Persatuan Daerah (pimpinan Oesman Sapta Odang), PBB, Partai Demokrasi Pembaruan (pimpinan Roy BB Janis)m atau Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (pimpinan Sutiyoso).

"Saya melihat parpol baru yang bakal menjadi peserta ada 6 atau 7 parpol. Bisa saja jumlah peserta pemilu nanti sampai 20 parpol. Tetapi kalau KPU benar-benar objektif melakukan verifikasi maka mungkin hanya 15 parpol bakal menjadi peserta," ujarnya.

Menurutnya, kesembilan parpol yang ada di parlemen saat ini terbagi atas enam ideologi mendasar. Keenam ideologi itu yaitu nasionalis-kerakyatan (PDIP dan Gerindra), nasionalis modern yang mengandalkan program (Golkar, Demokrat, dan Hanura), Islam tradisional (PKB), Islam modern (PAN), Islam pembangunan (PPP), dan Islam konservatif (PKS).

Menurutnya, parpol baru pun hanya akan menjadi bagian dari enam ideologi tersebut.

"Tidak ada ideologi baru yang dibawa parpol baru tersebut."

Suara Pembaruan

Penulis:

Sumber:Suara Pembaruan