Ketua KPK: Setnov Jadi Tersangka Tidak Terkait Pansus KPK

Setya Novanto. (Antara)

Oleh: Aichi Halik / AHL | Senin, 17 Juli 2017 | 20:33 WIB

Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo mengatakan penetapan Ketua DPR RI Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi e-KTP tidak terkait dengan pembentukan Pansus KPK DPR RI yang sedang bekerja.

"(Keputusan) ini sama sekali tidak terkait dengan pansus yang sekarang sedang bekerja. Kami dengan pansus seperti saya sering ungkapkan bahwa satu-satunya cara KPK adalah mempercepat kerjanya, meningkatkan performanya untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita (KPK) tidak terngaruh dengan itu," kata Agus di Gedung KPK, Jakarta, Senin (17/7).

KPK menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka kasus korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (e-KTP) yang diduga merugikan negara Rp2,3 triliun.

"Kami membawa kasus ini ke proses penyidikan pasti bukan sesuatu yang serampangan, pasti kami mempunyai 2 alat bukti yang kuat. Karena itu proses barikutnya anda ikuti saja dalam proses pengadilan," ujar Agus.

Setya Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Dalam kasus ini, KPK sebelumnya telah menetapkan dua mantan pejabat Kemendagri Irman dan Sugiharto, serta pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong sebagai tersangka.




Sumber: BeritaSatu TV
ARTIKEL TERKAIT