Tertimpa Batu Ornamen, 6 Mahasiswa ITB Luka-luka

Kampus ITB (Istimewa)

Oleh: Adi Marsiela / JAS | Sabtu, 22 Juli 2017 | 23:28 WIB

Bandung - Sebanyak enam mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) terluka setelah terkena ornamen batu tempel yang lepas dari salah satu tiang penyangga di Gedung Center for Art, Design, and Language (CADL), Sabtu (22/7).

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Alumni, dan Komunikasi ITB, Miming Miharja membenarkan kejadian yang terjadi pasca wisuda ketiga ITB tahun akademik 2016/2017 di Gedung Sasana Budaya Ganesha.

“Kami menyampaikan rasa prihatin mendalam untuk enam mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain yang mengalami kecelakaan juga kepada orang tuanya,” kata Miming dalam pernyataan tertulisnya.

Miming menyatakan, ITB akan membantu membiayai pengobatan para korban dalam kecelakaan tersebut.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, kecelakaan terjadi saat para mahasiswa serta wisudawan dan keluarganya beraktivitas di sekitar gedung. Batu-batu tempel pada salah satu tiang di pojok gedung CADL tiba-tiba berjatuhan.

Ukuran batu-batu yang berjatuhan dari ketinggian lantai dua bangunan itu bervariasi, mulai dari sekitar 15 sampai 25 sentimeter. Batu yang berjatuhan itu mengenai para mahasiswa Desain Interior angkatan 2014. Sebagian besar korban tertimpa batu di bagian kepala. Ada juga yang terkena pada bagian punggung hingga putus salah satu jarinya.

ITB akan segera melakukan penelitian menyeluruh terhadap bagian-bagian dari gedung tersebut. “Kami juga akan mengambil tindakan untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa di masa yang akan datang. Semoga para mahasiswa segera pulih seperti sediakala,” papar Miming.

Pihak ITB juga sudah memberikan pita kuning sebagai pembatas di sekitar gedung CADL.

Pada wisuda kali ini, ITB mewisuda 1.244 sarjana, 588 magister, dan 37 doktor. Wisuda kali ini dilaksanakan dalam dua hari berturut-turut. Pada Jumat, 21 Juli 2017, wisuda untuk program doktor, magister, serta program sarjana Sekolah Teknik Elektro dan Informatika.

Sementara pada Sabtu, 22 Juli 2017, Rektor ITB Kadarsah Suryadi mewisuda para lulusan dari 11 fakultas lainnya.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT