DKI Akan Galakkan Bank Sampah di Rusun

Ilustrasi bank sampah (ANTARA)

Oleh: Deti Mega Purnamasari / WBP | Kamis, 3 Agustus 2017 | 13:26 WIB

Jakarta- Selain di pemukiman biasa, Pemprov DKI Jakarta mulai menggalakkan pengelolaan bank sampah di rumah susun (rusun).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Isnawa Adji mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat kerja dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta terkait bank sampah di rusun-rusun. Pasalnya, rusun yang ada di DKI dinilainya sangat potensial untuk dibangun bank sampah.

“Pertama, untuk mengurangi volume sampah yang ada di rusun, dan kedua mengedukasi warga rusun untuk memilah sampah,” ujar Isnawa di Balai Kota, Jakarta, Kamis (3/8).

Ia mencontohkan, saat ini di Rusun Pulogebang, Jakarta Timur sudah terdapat bank sampah yang pengelolaannya berjalan. Bahkan kas bank sampah mereka sudah mencapai jutaan rupiah. Sementara warga rusun lainnya seperti Rusun Pesakih, dan Rusun Penjaringan tengah diedukasi untuk mulai membangun bank sampah. “Karena sudah ada arahan Gubernur bahwa setiap RW minimal punya satu bank sampah,” katanya.

Tidak hanya itu, adanya bank sampah di rusun juga supaya warga rusun tidak lagi mengadu kalau sampahnya tidak diangkut. Menurutnya, akan lebih baik apabila warga rusun sudah mulai memilah sampah, sehingga yang diangkut adalah residu-residunya. “Kami sudah mempersiapkan truk sampah khusus yang masuk ke rusun-rusun,” pungkasnya.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT