KPU: Verifikasi Parpol Dikurangi 2 Minggu

Ilustrasi KPU (istimewa)

Oleh: Yustinus Paat / WBP | Jumat, 11 Agustus 2017 | 10:08 WIB

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengurangi waktu verifikasi partai politik (parpol) selama dua minggu dari 18 minggu menjadi 16 minggu.

"Pemangkasan ini tidak terlalu berdampak karena verifikasi (administrasi) tidak terlalu lama, kecuali verifikasi faktual," ujar Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Kamis (10/8).

Arief menjelaskan verifikasi administrasi parpol sebenarnya tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Pasalnya, KPU sudah menerapkan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) saat melakukan pemeriksaan. “Mungkin yang lama pada saat verifikasi faktual, karena kita kan harus terjun langsung mengecek dan tidak bisa sembarangan,” tandas dia.

Lebih lanjut, Arief menuturkan pemangkasan waktu verifikasi ini telah diatur dalam draf Peraturan KPU (PKPU) Tahapan Program dan Jadwal yang baru. Menurut dia, perubahan adalah penyesuaian perintah UU Penyelenggaraan Pemilu yang disahkan 21 Juli lalu. “Didraf kita yang baru verifikasi 4,5 bulan kita pampatkan jadi 4 bulan karena UU memberikan ruang hanya 4 bulan,” ungkap dia.

Sebagaimana diketahui verifikasi adalah jalan pertama bagi partai politik untuk bisa ikut pemilu. KPU menjadwalkan prosesnya akan dimulai pada Oktober 2017 dan selesai pada akhir Januari 2018.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT