Kasus First Travel, Polisi Tahan Tersangka Ketiga

Kantor First Travel. (Antara)

Oleh: Farouk Arnaz / JAS | Jumat, 18 Agustus 2017 | 14:34 WIB

Jakarta - Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menahan tersangka ketiga dalam kasus penipuan dan penggelapan bermodus umroh oleh PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel.

Dia adalah Titi Nuraidah Hasibuan alias Kiki Hasibuan yang merupakan komisaris dan manajer keuangan First Travel. Kiki tak lain adalah adik ipar Andika Surachman karena merupakan adik kandung Anniesa Desvitasari Hasibuan.

Andika adalah direktur utama (dirut) First Travel dan Anniesa adalah direkturnya. Mereka berdua juga sudah ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka.

"Sejak dua hari kemarin Kiki ditahan karena membantu dalam tindak pidana penipuan dan penggelapan ini. Nama dia digunakan untuk membeli aset-aset," kata Kanit 5 Subdit 5 Dit Tipidum AKBP Rivai Arvan di Bareskrim Polri, Jumat (18/7)

Aset yang menggunakan nama Kiki ada banyak, misalnya rumah juga mobil, termasuk sebuah mobil Toyota Fortuner.

"Untuk (Toyota) Innova dan Avanza sempat diamankan namun setelah kita analisis ternyata itu mobil rental maka kami kembalikan. Jadi sekarang mobil yang disita ada enam, atas nama Anniesa tiga, Andika dua, sama Kiki satu," urainya.

Seperti diberitakan mereka dijerat Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Pasal itu adalah tambahan dari jerat pidana penipuan dan penggelapan sesuai pasal 372 dan 378 KUHP.

Andika dan istrinya Anniesa di tangkap di kompleks perkantoran Kementerian Agama (setelah melaksanakan konferensi pers) pada Rabu (9/8). Sementara Kiki diperiksa hari Rabu (16/7) lalu dan langsung ditahan.

Ada 35.000 jamaah yang belum berangkat dengan total kerugian Rp 550 miliar. Kerugian itulah yang kini ditelusuri penyidik mengalir ke mana.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT