Fakta Baru First Travel, Raup Rp 1 T dan Berutang Rp 104 M

Kantor First Travel. (Antara)

Oleh: Farouk Arnaz / YUD | Senin, 21 Agustus 2017 | 21:49 WIB

Jakarta - Calon jemaah umrah yang dilakukan oleh PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel (FT) harus siap-siap gigit jari. Tak hanya aset First Travel yang kini tak jelas rimbanya, tetapi mereka juga ternyata punya utang Rp 104 miliar. Untuk menelusuri utang FT itu, Polri menggandeng PPATK.

"Kita sudah kirim surat permohonan penelusuran rekening ke PPATK. Kemarin saya juga ketemu staf PPATK dan sudah kordinasi dengan Bareskim," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Senin (21/8).

Hasil sementara ada sekitar 40 rekening dengan nama perusahaan dan ada yang pribadi. Ada yang dibelikan aset yang bergerak dan tak bergerak yang juga telah disita.

"Ada Rp 24 miliar yang belum dibayar ke hotel. Sementata tiket belum dibayar sekitar Rp 80 miliar. Ada 72.000 jemaah yang mendaftar dan membayar," lanjutnya.

Ada jemaah yang hanya membayar Rp 14,3 juta lalu ada yang kemudian diminta tambah Rp 3,5 juta dan lalu juga ada yang diminta tambah lagi Rp 2,5 juta.

"Kalai ditotal katakanlah 14 juta kali 72.000, sekira Rp 1 triliun lebih. Ternyata setelah dicek, yang berangkat baru 14.000, belum ada setengahnya,"'urainya.

Seperti diberitakan ada tiga tersangka dalam kasus ini. Mereka adalah Titi Nuraidah Hasibuan alias Kiki Hasibuan yang merupakan komisaris dan manajer keuangan First Travel.

Kiki tak lain adalah adik ipar Andika Surachman karena merupakan adik kandung Anniesa Desvitasari Hasibuan.

Andika adalah direktur utama (dirut) First Travel dan Anniesa adalah direkturnya. Mereka bertiga juga sudah ditahan setelah ditetapkan sebagai tersangka.

Mereka akan dijerat Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).Pasal itu adalah tambahan dari jerat pidana penipuan dan penggelapan sesuai pasal 372 dan 378 KUHP.

Diperkirakan ada 60.000 jemaah yang belum berangkat dengan total kerugian Rp 700 miliar. Kerugian itulah yang kini ditelusuri penyidik mengalir kemana.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT