Pengacara First Travel Klaim Kliennya Pakai Tas Hermes KW

Andika Surachman dan istrinya Anniesa Hasibuan (kanan). (Istimewa)

Oleh: Farouk Arnaz / YUD | Rabu, 13 September 2017 | 18:48 WIB

Jakarta - Direktur First Travel Aniessa Hasibuan yang tersandung kasus penipuan ribuan calon jemaah umrah ternyata memakai barang branded palsu alias KW. Desainer yang selalu tampil trendi dan glamour serta pernah tampil di ajang New York Fashion ini ternyata mengaku bahwa tas Hermes yang dimilikinya palsu.

Setidaknya itu pengakuan Deski yang merupakan pengacara untuk First Travel usai mendampingi pemeriksaan kliennya di Bareskrim, Rabu (14/9).

"Ada (yang disita) tas Hermes, satu, milik Aniessa, tapi itu KW. Katanya beli via online di Hongkong (harganya) di bawah Rp 5 juta. Ada surat-suratnya. Barang KW juga ada suratnya," kata Deski.

"Enggak ada sepatunya dan berlian juga belum ada (yang disita). Barangnya (tas yang disita) KW semua,"

Deski juga menjelaskan jika kliennya itu bukannya tidak kooperatif. Namun kadang mereka bingung karena mereka tidak mengurus semua asetnya.

"Yang urus ada karyawan juga, jadi ini kita kerja sama dengan pihak kepolisian mencari apakah ada kebocoran di karyawan. Jadi seperti itu ya," kilahnya.

Bahkan saat PPATK mengatakan ditemukan dana Rp 7 miliar, Andika Surachman, yang merupakan Dirut First Travel mengaku bingung dapat dari mana uang itu.

"Dia sendiri juga bilang enggak tahu, dapat dari mana itu. Jadi ini lagi ditelusuri dimana kami kuasa hukum bersama pihak kepolisian menelusuri kemana ini bocornya uang. Misalnya ada kebocoran di pembelian tiket ganda. Misalnya berangkat hari ini tapi tiketnya besok, jadi terbakar," urainya.

Uang ratusan miliar milik jemaah itu juga diklaim Deski bocor di hotel. Di mana hotel sudah dibayar tapi jemaah gagal diberangkatkan.

"Uangnya ke situ, nambah ke situ. Karyawan juga lagi diselidiki apa ada kebocoran di situ," tambahnya.

Hingga saat ini penyidik sudah menyita empat rumah. Masing-masing yang berada di perumahan di Sentul, Bogor, di Cimanggis ada dua dan satu di Kebagusan. Juga menyita delapan perusahan yang terkait First Travel.

Delapan perusahaan itu ada yang berbentuk yayasan ada juga yang bentuk travel pemberangkatan umroh juga ada. Misalnya PT Interkultur Tourindo dan Yamin Duta Makmur.

Telah ada tiga orang tersangka dalam kasus ini yakni Andika Surachman (32), Anniesa Desvitasari Hasibuan(31), dan Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki (31).




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT