Pasien Penyakit Kronis Rasakan Manfaat Prolanis

Nanan Gunawan, di acara Media Gathering BPJS Kesehatan, di Bandung, 14 September 2017. (Beritasatu Photo/Herman)

Oleh: Herman / FER | Kamis, 14 September 2017 | 22:20 WIB

Bandung - Dalam pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis merupakan salah satu program promotif dan preventif yang dikembangkan oleh BPJS Kesehatan.

Program ini dikembangkan secara khusus di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), di mana mereka akan mengajak peserta penyandang Diabetes Melitus (DM) maupun Hipertensi untuk dapat bekerja bersama-sama dalam mengelola penyakit mereka, agar kualitas hidup pasien tersebut tetap optimal, meskipun sedang menderita penyakit kronis.

Salah satu penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi yang telah merasakan manfaat dari program ini adalah Nanan Gunawan (63 tahun) dari Klub Prolanis Klinik Medika Antapani, Bandung.

"Sejak ikut program Prolanis, saya tidak lagi mengalami keluhan penyakit hipertensi. Bisa dikatakan saat ini saya sudah 'sembuh', tapi tetap harus rutin minum obat dan menjaga pola hidup sehat," kata Nanan Gunawan, di acara Media Gathering BPJS Kesehatan, di Bandung, Kamis (14/9).

Nanan bercerita, dirinya mulai menderita penyakit hipertensi di tahun 1997 ketika masih bekerja sebagai pegawai BUMN di Patra Jasa. Lantaran tidak begitu paham dengan penyakit yang dideritanya, kondisi fisik Nanan sempat drop akibat tidak disiplin minum obat dan juga tidak menjaga pola hidup sehat.

"Waktu masih kerja, saya sempat bolak-balik ke rumah sakit karena hipertensi. Dokter sudah berpesan kalau saya harus rutin minum obat, tapi sayanya saja yang tidak disiplin. Bahkan waktu itu sempat drop bangat karena sudah parah," cerita Nanan.

Mulai tahun 2014, Nanan mulai mengikuti Prolanis di Klinik Medika Antapani, Bandung. Kegiatan yang diikutinya seperti senam sehat, edukasi, serta pemeriksaan kesehatan rutin. Di luar kegiatan bersama klub Prolanis, Nanan juga aktif melakukan olahraga renang dan bersepeda, serta menjaga pola makan. Gaya hidup sehat yang dijalaninya ini membuat penyakit hipertensi yang dideritanya lebih terkontrol.

"Dua minggu sekali, saya selalu ikut senam sehat di klub Pronalis. Setelah senam, kami biasanya saling sharing mengenai penyakit hipertensi dan juga berbagi tips hidup sehat. Dengan ikut klub Prolanis, pengetahuan saya tentang hipertensi jadi bertambah, sehingga saya bisa lebih memahami hal-hal yang harus dilakukan untuk mengontrol penyakit ini," ungkap Nanan.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT