Parpol Diminta Buat Surat Tugas kepada Operator Aplikasi Sipol

KPU Sosialisasikan Sipol, Basis Data Parpol Peserta Pemilu 2019 (Youtube.com/BeritaSatu/BSTV)

Oleh: Yustinus Paat / AO | Sabtu, 16 September 2017 | 19:55 WIB

Jakarta - Partai politik (parpol) yang hendak menjadi peserta Pemilu 2019 diwajibkan mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pendaftaran tersebut juga disertai dokumen-dokumen persyaratan dan sebagian besar dokumen harus diinput juga melalui aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Dalam rangka penerapan aplikasi Sipol, Komisioner KPU Hasyim Asy’ari meminta parpol segera menugaskan pengurus parpol yang diberi mandat menjadi petugas penghubung dengan KPU. Selain itu, kata Hasyim, parpol juga harus segera membuat surat tugas atau surat mandat kepada operator yang ditugaskan mengoperasikan aplikasi Sipol.

"Operator tersebut harus dengan surat resmi dari parpol agar tidak terjadi salah orang, salah pihak, dan memang resmi ditugaskan dari parpol," ujar Hasyim di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (15/9).

Menurut Hasyim, surat resmi dari parpol sangat penting karena operator tersebut yang akan diberi buku manual panduan dan kunci akses parpol ke aplikasi Sipol. Jika tidak ada surat resmi dari parpol, kata dia, bisa saja ada pihak-pihak yang mengaku dari parpol.

"Jangan sampai repot urusan nantinya karena aplikasi Sipol ini nantinya menentukan keberadaan parpol sebagai peserta pemilu," kata dia. Hasyim juga berharap surat resmi dari parpol segera diberikan kepada operator yang mengoperasikan aplikasi Sipol. Semakin cepat diberikan, semakin cepat bagi parpol untuk memasukkan data-data parpol ke Sipol.

"Sesegera mungkin karena bagi parpol harus segera mengakses sipol dan segera input data, maka kesempatan parpol untuk memasukkan data makin panjang," tutur dia.

Aplikasi Sipol KPU didukung Pusat Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Pusilkom UI) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Aktifasi aplikasi Sipol ini akan dimulai hari Senin 18 September 2017. Parpol harus sudah memasukkan data sebelum tahapan pendaftaran 3 Oktober.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT