Anies-Sandi, Gubernur-Wagub Terakhir Hasil Pilkada 2017 yang Dilantik Presiden

Sandiaga Uno dan Anies Baswedan. (Antara)

Oleh: Carlos KY Paath / PCN | Senin, 16 Oktober 2017 | 09:49 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Pelantikan dijadwalkan berlangsung pukul 16.00 WIB di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/10).

Sebelum menuju Istana Negara, Presiden menyerahkan petikan keputusan presiden (keppres) kepada Anies-Sandi di ruang Kredensial, Istana Merdeka. Selanjutnya, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla didampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo serta Anies-Sandi berjalan kaki ke Istana Negara.

Prosesi perjalanan berupa kirab diiringi oleh Pasukan Kehormatan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Tiba di Istana Negara, Anies-Sandi menuju ruang pelantikan. Acara akan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kemudian, pembacaan keppres oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara, Cecep Sutiawan. Anies-Sandi lalu menandatangani berita acara pelantikan Anies-Sandi sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI periode 2017-2022. Presiden juga melakukan penandatangan. Seusai pelantikan, digelar acara ramah tamah sekaligus foto bersama yang bersifat tentatif.

Sekadar diketahui, Anies-Sandi merupakan paslon gubernur dan wakil gubernur hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017 yang dilantik. Terdapat 101 daerah yang menggelar pilkada terdiri atas tujuh provinsi, 76 kabupaten dan 18 kota. Sebelumnya, pelantikan lima paslon gubernur-wakil gubernur oleh Presiden Jokowi dilaksanakan pada 12 Mei 2017. Para paslon yang dilantik ketika itu adalah Dominggus Mandacan-Mohammad Lakotani (Papua Barat), Elzaldi Rosman-Abdul Fatah (Kepulauan Bangka Belitung).

Selanjutnya, Wahidin Halim-Andika Hazrumy (Banten), Ali Baal-Enny Anggraeny Anwar (Sulawesi Barat), dan Rusli Habibi-Idris Rahim (Gorontalo). Sementara paslon gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, dilantik di Aceh oleh mendagri. Hal ini sesuai Undang-Undang Nomor 11/2006 tentang Pemerintahan Aceh.

“Kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2017 memang tinggal DKI saja yang belum dilantik. Karena Pak Djarot (mantan Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat) habis masa jabatannya 15 Oktober 2017, maka pelantikan harus tanggal 16 Oktober,” kata Mendagri Tjahjo Kumolo.

Tjahjo telah menyampaikan ucapan selama kepada Anies-Sandi saat Pilgub DKI putaran kedua rampung, 20 April 2017. “Selamat kepada Anis Baswedan dan Sandiago Uno memimpin DKI. Selamat kepada masyarakat DKI dalam menentukan pilihannya,” ucapnya.

Dia juga berharap Anies-Sandi dapat mengedepankan dan menjaga jati diri serta identitas diri budaya Betawi di Jakarta. “Jakarta kota budaya, kota pemerintahan, kota perdagangan, ibu kota negara. (Jakarta) saya kira boleh modern, tetapi jangan sampai meninggalkan jati diri sebagai masyarakat Betawi,” tegasnya.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT