Partainya SBY, Rhoma Irama, dan Cak Imin Terancam Gugur

Viryan. (Antara)

Oleh: Yustinus Paat / AO | Selasa, 17 Oktober 2017 | 15:22 WIB

Jakarta - Partai Demokrat yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Partai Idaman pimpinan Rhoma Irama (Bang Rhoma), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pimpinan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) terancama gugur sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Bersama 14 partai politik (parpol) lainnya, Demokrat, Idaman, dan PKB harus melengkapi berkas pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2019 hingga malam ini, Selasa (17/9) pukul 24.00 WIB.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Viryan mengatakan, jika berkas atau dokumen pendaftaran tidak lengkap hingga Selasa (17/10), pukul 24.00 WIB, maka parpol tidak bisa menjadi peserta pemilu. KPU, kata Viryan, sudah memberikan toleransi waktu 1x24 jam kepada parpol untuk melengkapi berkas pendaftaran.

"Waktu 1x24 jam dari pukul 24.00 WIB tanggal 16 Oktober tadi malam. Jadi, sampai hari ini pukul 24.00 WIB. (Jika tidak lengkap) Ya, tidak diterima pendaftarannya," ujar Viryan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Selasa (17/10).

Seperti diketahui, dari 73 parpol yang terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi manusia (Kemkumham), ada 31 parpol yang bisa mengakses Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) ke KPU. Dari 31 parpol tersebut, ada 27 parpol yang sudah mendaftar ke KPU dan 10 parpol yang dinyatakan berkasnya telah lengkap dan status diterima oleh KPU. Sementara, 17 parpol lainnya masih dalam proses pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan.

Ke-27 parpol yang sudah mendaftar tersebut adalah Partai Perindo, PSI, PDIP, Partai Hanura, Partai Nasdem, PAN, PKS, Gerindra, Partai Golkar, PPP, Partai Berkarya, Partai Republik, Partai Garuda, Partai Bhinneka Indonesia, Partai Demokrat, PKB, Partai Rakyat, Partai Pemersatu Bangsa, Partai Idaman, PKPI, PIKA, PBB, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Parsindo, PNI Marhaenis, Partai Reformasi, dan Partai Republikan.

Sementara, dari 27 parpol itu, ada 10 parpol yang berkas pendaftarannya dinyatakan KPU sudah lengkap, yakni Partai Perindo, PSI, PDI-P, Partai Hanura, Partai Nasdem, PAN, PKS, Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PPP. Sisanya, termasuk Partai Demokrat, Partai Idaman, dan PKB, masih dalam proses pemeriksaan kelengkapan dokumen.

Viryan mengingatkan, 17 parpol yang masih melakukan pemberkasan harus segera melengkapi hari ini agar bisa menjadi perserta pemilu 2019. "Jadi, ada potensi dari 17 parpol yang diperiksa, misalnya tidak lengkap, berarti tidak bisa kita terima pendaftarannya," kata dia.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT