Gerindra Tegaskan Sipol KPU Layak Diterapkan

Anggota DPR RI Nizar Zahro (Antara)

Oleh: Hotman Siregar / CAH | Selasa, 17 Oktober 2017 | 19:24 WIB

Jakarta - Ketua DPP Partai Gerindra Nizar Zahro mengatakan, sejauh ini partai Gerindra tidak mengalami masalah yang sangat serius dalam mempersiapkan dam menyerahkan sistem informasi partai politik (Sipol) atau data administrasi partai politik ke KPU. Sebab, semua pengurus pusat daerah jauh-jauh hari sudah mempersiapkan secara maksimal.

Menurutnya, Sipol sangat layak diterapkan untuk pendataan dan pemdaftaran partai politik sesuai dengan Pasal 253 UU 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Dalam UU itu disebut bahwa ketentuan soal pemilihan diatur dalam peraturan KPU.

“Pasal ini dianggap dapat mendasari lembaga penyelenggara pemilihan itu untuk mewajibkan sistem tersebut jadi sekali lagi saya tegaskan sangat layak di terapkan,” kata Nizar Zahro kepada SP, Selasa (17/10).

Dalam Sipol, kata dia, partai harus mengunduh 100 persen suara di provinsi, 75 persen di kabupaten serta 50 persen di kecamatan. Selebihnya juga memasukkan logo partai, nomor rekening, alamat sekretariat dan sejumlah syarat lain.

Sipol itu dinilai membantu partai politik dalam kelembagaan parpol, dengan keanggotaan dan secara nasional. Sehingga dengan sistem sipol partai tidak bisa memasukkan ke anggotaan dengan nomor induk KTP yang sama dan alamat kantor yang sama.

“Mungkin parpol yang lalai dan abai akan administrasinya akan agal kesulitan memenuhi persyaratan. Sejauh ini Gerindra tak ada masalah dengan Sipol,” ujar Anggota Komisi V DPR RI itu.

Dikatakan, dengan sistem Sipol, parpol harus dikelola secara profesional, lebih transparan keuangannya dan lebih baik manajamennya serta sumber daya manusia masing masing parpol.

Dengan begitu, parpol akan selalu konsisten terhadap profesionalitas sehingga cita-cita setiap partai politik yang tertuang dalam AD/ART bisa dilaksanakan secara baik.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT