Tiga Tahun Jokowi-JK, Presiden: Tugas Saya Bekerja Keras

Presiden Joko Widodo saat meninjau proyek. (Antara/Puspa Perwitasari)

Oleh: Carlos KY Paath / WBP | Kamis, 19 Oktober 2017 | 22:40 WIB

Jakarta – Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) genap tiga tahun pada 20 Oktober 2017. Presiden menyerahkan kepada publik untuk menilai pencapaian kinerja pemerintah.

Presiden hanya menegaskan bahwa dirinya dan jajaran Kabinet Kerja senantiasa bekerja maksimal. “Silakan masyarakat yang menilai. Tugas saya bekerja keras, mewujudkan yang kita rencanakan,” kata Presiden seusai menutup Kongres XI Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Jakarta, Kamis (19/10).

Secara terpisah, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memaparkan evaluasi dan program Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri). Ditegaskan bahwa Kemdagri merupakan kementerian kebijakan, bukan teknis.

“Arahan Bapak Presiden kepada Kemdagri sudah jelas yakni membangun sistem tata kelola hubungan pemerintah pusat dan daerah yang lebih efektif, efisien dengan semangat reformasi birokrasi,” kata Tjahjo.

Hal itu disampaikannya di Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) dan Konferensi Pers Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi-JK bertajuk “Negara Hadir, Mewujudkan Rasa Aman Melalui Perwujudan Stabilitas Politik dan Keamanan, Keadilan Hukum dan Pemajuan Kebudayaan” di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (19/10).

Pada kesempatan itu, Tjahjo optimistis pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Serentak 2018 berjalan aman dan lancar. Pasalnya, seluruh pihak terkait telah melakukan koordinasi secara maksimal.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT