Selasa, Presiden Akan Panggil Seluruh Kepala Daerah

Joko Widodo. (Antara)

Oleh: Carlos KY Paath / FMB | Senin, 23 Oktober 2017 | 18:05 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memberikan pengarahan kepada kepala daerah. Pertemuan tersebut direncanakan berlangsung pukul 13.30 WIB di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/10).

“Untuk gubernur, bupati, wali kota seluruh Indonesia, Bapak Presiden Republik Indonesia berkenan bertemu. Diselenggarakan besok siang pukul 13.30 WIB di Istana Negara,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Sumarsono.

Hal itu disampaikan pria yang akrab dipanggil Soni dalam pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jakarta, Senin (23/10).

“Bapak Presiden akan menyampaikan pesan-pesan pengarahan umum terkait banyak hal, termasuk di dalamnya adalah investasi, perizinan dan berbagai isu-isu nasional,” ujar Soni.

Dia menyatakan, para kepala daerah nantinya tidak memberikan pemaparan. Sebab, paparan tunggal hanya dari Presiden. Dia menambahkan, radiogram untuk kepala daerah telah dikirimkan. “Mohon maaf ini informasinya mendadak,” ucap mantan Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta ini.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo sempat menyampaikan hal serupa. Menurutnya, menjelang tahun politik pada 2018, Presiden Jokowi mengundang kepala daerah se-Indonesia.

“Presiden akan kumpulkan gubenur, bupati/wali kota satu hari penuh. Menjelaskan apa arah beliau supaya arah program pembangunan berjalan dengan baik,” katanya.

Dia menuturkan, Presiden tentu berharap pemimpin daerah turut menyukseskan program pembangunan infrastruktur, ekonomi dan sosial dari pemerintah pusat.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT