Jelang Pilkada, PDIP Jabar Gelar Pelatihan Kader

DPD PDI Perjuangan Jawa Barat menggelar acara Training of Trainer (TOT). Sekitar 300 peserta mengikuti pelatihan jelang Pilkada serentak 2018. (BeritaSatu Photo/Vento Saudale)

Oleh: Vento Saudale / FER | Selasa, 14 November 2017 | 21:51 WIB

Bogor - Menghadapi pilkada serentak 2018 di Jawa Barat, DPD PDIP Jawa Barat (Jabar) menggelar acara training of trainer (TOT). Peserta dari berbagai daerah termasuk Kabupaten dan Kota Bogor yang juga melakukan pemilihan bupati wali kota pada Pilkada 2018, ikut serta dalam kegiatan pelatihan ini.

Pelatihan yang digelar 10 hingga 12 November ini bertujuan, untuk menyiapkan pelatih menjadi saksi dan pendampingan sengketa pilkada. Dalam pelatihan tersebut, para kader dibekali materi pelatihan militansi dan gerakan door to door campaign serta pelatihan saksi dan pelatihan pendampingan sengketa pilkada.

Ketua DPD PDIP Jabar, TB Hasanuddin, mengatakan, kegiatan TOT ini merupakan konsolidasi kerja Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu). Bappilu nantinya, akan bekerja sama dengan Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) dan badan bantuan hukum.

"Ada tiga komponen yang menyatukan diri saling memahami dan mengerti fungsi masing-masing, serta bagaimana aplikasi di lapangan, untuk persiapan pilkada, pileg dan pilpres," Kata TB Hasanuddin, Selasa (14/11).

Hananuddin yang juga wakil Ketua Komisi I DPR menegaskan, setelah TOT, tiga komponen ini bersatu untuk mempersiapkan strategi, guna memenangkan pilkada.

"Kami melatih kader dan pemenangan partai serta persiapan saksi secara permanen di kabupaten dan kota termasuk pelatihan penyelesaian sengketa pemilu. Misalnya ada sebuah kasus di TPS atau pelanggaran. Nah, disitu dibutuhkan kerja sama dengan badan hukum," tambahnya.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT