Polda Sumut Tingkatkan Kewaspadaan Antisipasi Teror

Foto suasana Kantor Polres Dharmasraya seusai terbakar di Dharmasraya, Sumatera Barat, 12 November 2017. (Antara/Ilka Jensen)

Oleh: Arnold H Sianturi / FER | Selasa, 14 November 2017 | 22:15 WIB

Medan - Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) meningkatkan pengamanan guna mengantisipasi penyerangan oleh kelompok radikal, menyusul pembakaran Markas Polres (Mapolres) Dharmasraya di Sumatera Barat (Sumbar).

"Sudah diinstruksikan kepada seluruh jajaran untuk meningkatkan pengananan di setiap markas komando maupun asrama polisi," ujar Kepala Sub Bidang Penerangan Masyarakat (Penmas) Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan di Medan, Selasa (14/11).

Nainggolan mengatakan, peningkatan keamanan itu sudah dilaksanakan. Bentuk pengamanan itu dilakukan secara terbuka dan tertutup. Petugas yang melakukan pengamanan juga diperintahkan melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung.

"Untuk pengamanan ini kami ingin mendapatkan dukungan dari masyarakat. Artinya, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk memerangi teroris. Jika melihat orang mencurigakan maka sebaiknya segera dilaporkan ke kantor polisi terdekat," katanya.

Menurutnya, petugas kepolisian akan bereaksi cepat dalam menanggapi setiap laporan masyarakat tersebut. Tujuannya, agar keamanan dan kenyamanan di tengah masyarakat tetap terjaga, sehingga situasi dan keamanan masyarakat tetap kondusif.

"Tidak hanya meningkatkan pengamanan di markas komando maupun asrama polisi, seluruh jajaran juga meningkatkan patroli dan menggelar operasi di daerah ini. Salah satu sasaran utama dari razia ini adalah mencegah aksi terorisme," sebutnya.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT