MA Sebut Praperadilan Novanto Gugur

Setya Novanto. (Antara/Hafidz Mubarak A)

Oleh: Erwin C Sihombing / JAS | Kamis, 7 Desember 2017 | 11:23 WIB

Jakarta - Kabiro Hukum dan Humas Mahkamah Agung (MA) menyebut, permohonan praperadilan Ketua DPR Setya Novanto melawan KPK bakal dinyatakan gugur karena berkas perkara yang bersangkutan telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (6/12).

"Praperadilan tidak menyidangkan pokok perkara," kata Abdullah, di Jakarta, Kamis (7/12).

Abdullah menyinggung Pasal 82 ayat (1) huruf d KUHAP yang menyatakan perkara praperadilan gugur jika perkara pokoknya telah dilimpahkan dan mulai disidangkan.

"Secara normatif Pasal 82 ayat (1) huruf d KUHAP mengatur, jika perkara praperadilan sedang diperiksa sedangkan perkara pokoknya sudah dilimpahkan dan mulai disidangkan maka perkara praperadilan akan diputus dan dinyatakan gugur," katanya.

Sidang praperadilan Setya Novanto melawan KPK kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jaksel, setelah sempat ditunda selama sepekan karena KPK tidak siap. Hakim tunggal Kusno langsung mempersilakan pihak pemohon membacakan permohonannya setelah memastikan para pihak telah menghadiri sidang.

Pihak Novanto meyakini permohonan praperadilan yang kedua ini tidak akan dinyatakan gugur. Alasannya, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menyebut, praperadilan gugur apabila sidang perdana pembacaan surat dakwaan telah digelar.

"Putusan MK menyatakan praperadilan gugur apabila sudah dibacakan dakwaan," kata kuasa hukum Novanto, Fredrich Yunadi.




Sumber: Suara Pembaruan
ARTIKEL TERKAIT