Cargill Dukung Upaya Peningkatan Kesehatan Anak Indonesia

Cargill donasikan US$ 100,000 atau sekitar Rp 1,3 miliar untuk mendukung peningkatan kesehatan anak di Indonesia. (Beritasatu Photo/Indah Handayani)

Oleh: Indah Handayani / FER | Kamis, 7 Desember 2017 | 15:13 WIB

Jakarta - Untuk mendukung peningkatan kesehatan anak Indonesia, Cargill mendonasikan dana sebesar US$ 100.000 atau setara Rp 1,3 miliar untuk mendukung Yayasan Ronald McDonald House Charities (RMHC) Indonesia, dalam memperluas layanan program pemberian imunisasi bagi 30.000 anak balita Indonesia.

Selain itu, dana tersebut akan digunakan untuk mendukung penyediaan rumah singgah kedua khusus untuk keluarga dengan pasien anak pada saat anak mereka mendapat perawatan kesehatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

Presiden Direktur PT Cahaya Gunung Foods (perusahaan Joint Venture Cargill dan So Good Food), Derek Schoombaert, mengatakan, donasi tersebut akan digunakan bagi kegiatan imunisasi untuk anak balita yang akan menjangkau berbagai wilayah meliputi Jakarta dan sekitarnya, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Maluku. Selain itu, kata dia, juga untuk mendukung Ronald McDonald Care Mobile, yaitu kendaraan bis yang dibangun dan didesain khusus untuk memberikan pelayanan bagi kesehatan anak.

"Meningkatkan kesehatan melalui imunisasi dan perawatan pada anak-anak akan memberikan masa depan yang lebih baik lagi bagi seluruh masyarakat Indonesia," ungkap Derek di Jakarta, Kamis (7/12).

Sementara itu, Ketua Yayasan RMHC Indonesia, Caroline Djajadiningrat, menambahkan, imunisasi yang diberikan berupa imunisasi wajib dan tambahan kepada balita berusia 0-24 bulan. Ia pun mengatakan lokasi yang dipilih tersebut merupakan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemkes) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) akan masih rendahnya tingkat imunisasi pada anak.

"Hal itu terjadi karena terbatasnya tenaga medis dan lokasi yang terpencil atau jauh dari fasilitas kesehatan. Untuk itu, kami masuk ke pelosok daerah dalam menjangkau anak-anak tersebut," ucapnya.

Tidak saja program imunisasi, lanjut Caroline, donasi tersebut juga akan mendukung rumah singgah Ronald McDonald House yang berkapasitas 12 kamar tidur berlokasi di Unit Kiara RSCM. Rumah singgah tersebut merupakan tempat agar keluarga dan pasien anak dapat bersama dan dekat pada saat perawatan kesehatan. Hal itu mengingat RSCM merupakan rujukan nasional dan kebanyakan pasien anak yang berasal dari berbagai daerah.

"Dukungan kekuarga dalam kesehatan atau pengobatan pasien anak sangat dibutuhkan. Untuk itu donasi ini akan membantu kami memberikan perhatian perawatan bagi pada saat dan dilokasi yang memang amat dibutuhkan," ujar Caroline.

Direktur Corporate Affairs PT Cargill Indonesia, Arief Susanto, menyatakan, pihaknya senantiasa berupaya memberikan dukungan bagi kegiatan maupun organisasi yang berupaya meningkatkan kehidupan komunitas sekitar.

"Kami berharap kerja sama dengan RMHC mampu menginspirasi banyak pihak untuk bersama-sama berperan bagi peningkatan kesehatan anak di Indonesia melalui organisasi yang bagus ini," kata Arief.




Sumber: Investor Daily
ARTIKEL TERKAIT