Ratusan calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengantre saat akan membuat pasport di kantor Imigrasi khusus TKI, Tangerang, Banten, Rabu (22/6).
Pendaftaran Ujian mulai hari ini hingga 10 Mei 2012.

Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mulai hari ini, Senin (7/5) hingga Kamis (10/5), membuka pendaftaran calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang akan ditempatkan bekerja di Korea Selatan.

Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah BNP2TKI, Haposan Saragih menjelaskan dalam Pengumuman Ujian EPS TOPIK (Employment Permit System Test of Proficiency in Korean), atau tes kecakapan bahasa Korea bagi TKI yang akan bekerja ke Korea untuk tahun 2012 itu disebutkan, pendaftaran Ujian akan dilaksanakan pada 7-10 Mei 2012. Sementara pelaksanaan ujian akan dilaksanakan pada 16-17 Juni 2012, dan pengumuman kelulusan pada 28 Juni 2012.

Pendaftaran ujian EPS TOPIK ke-10 ini, menurut dia, akan dilakukan secara serentak di empat kota, yaitu di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya dengan biaya Pendaftaran sebesar Rp 221.736.

"Untuk jumlah kelulusan, total perkiraan sebanyak 9.900 orang. Namun jumlah peserta yang lulus dapat berubah sesuai dengan kebutuhan di Korea," ujar Haposan dalam siaran pers yang dikutip Beritasatu.com, Senin (7/5).

Ia menambahkan, peserta yang lulus ujian EPS TOPIK ke-10 (bidang Manufaktur dan Perikanan) dapat mengikuti ujian keahlian (skill test) bila berminat. Informasi lebih lengkap mengenai pelaksanaan ujian Keahlian (skill test) akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman hasil ujian EPS TOPIK ke-10. Ujian keahlian ini akan dilakukan pada tahun ini dan akan diumumkan lebih lanjut.

"Bagi peserta yang mengikuti ujian keahlian dan lulus dengan hasil yang memuaskan akan direkomendasikan secara khusus ke pengguna di Korea," kata Haposan.

Dia menambahkan, semua pencari kerja yang berminat untuk bekerja di Korsel ini harus mengikuti mekanisme EPS TOPIK yang dilakukan oleh Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea).

Pelaksanaan. EPS TOPIK ini berdasarkan dengan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MOU) mengenai pengiriman Tenaga Kerja antara Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia dan Kementerian Tenaga Kerja Republik Korea (Ministry of Labor of the Republic of Korea/MOEL).

Haposan menegaskan, untuk ujian EPS TOPIK ini, posisi BNP2TKI hanya sebatas sebagai penyelenggara. Sedangkan yang menentukan kelulusan (maupun pengumunan kelulusan) berikut jumlah calon TKI yang dibutuhkan adalah HRD Korea. Sedangkan ntuk pengumuman hasil ujian EPS TOPIK ke-10 Tahun 2012 akan disampaikan melalui website antara lain :

website BNP2TKI, www.bnp2tki.go.id
website EPS Republik Korea, www.eps.go.kr
website EPS-TOPIK, www.epstopik.hrdkorea.or.kr
website HRD Korea, www.hrdkorea.or.kr

Hari ini, BNP2TKI tersebut telah melepas 110 TKI yang akan diberangkatkan ke Korea. Dari jumlah 110 orang TKI, sebanyak 108 orang akan ditempatkan di sektor manufaktur dan dua orang di sektor perikanan.

Penulis: