Ini Kandidat Kuat Kasau Selanjutnya

Ini Kandidat Kuat Kasau Selanjutnya
Wakasau Marsekal Madya TNI Hadiyan Sumintaatmadja (tengah) didampingi Pangkohanudnas Marsekal Muda TNI Abdul Muis (kiri) dan Pangkoopsau I Marsekal Muda TNI Yuyu Sutisna (kanan) memberikan keterangan pers mengenai jatuhnya pesawat Hercules di Base Ops TNI AU, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu 18 Desember 2016. ( Foto: Antara )
Yudo Dahono / YUD Senin, 11 Desember 2017 | 09:01 WIB

Jakarta - Kepala Staff Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Hadi Tjahjanto kini telah menjadi Panglima TNI dan posisi Kasau masih dijabat olehnya, lalu siapakah yang paling tepat untuk menggantikannya?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan menentukan posisi Kasau berikutnya, walau saat ini ada beberapa nama di kalangan Matra Angkatan Udara yang nantinya akan berpeluang menjadi Kasau menggantikan Marsekal Hadi tapi diyakini peluang terbesar ada pada Wakasau Marsekal Madya Yuyu Sutisna yang saat ini juga menjabat sebagai Pangkohanudnas.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto telah mengutarakan bahwa dia telah memberikan tiga nama calon Kasau kepada Presiden Jokowi. Presiden akan memilih salah satu di antara 3 kandidat tersebut.

"Belum ada. Jadi masih ada calonnya. Ada tiga dan itu adalah hak Presiden untuk memilih," kata Hadi usai dilantik di Istana Negara, Jumat (8/12). "Tidak terlalu lama. Karena ini pun sedang kita proses."

Marsda Yuyu Sutisna yang menjabat sebagai Wakasau sekarang merupakan sosok terkuat untuk menggantikan Hadi sebagai Kasau. Marsda Yuyu dan Marsekal Hadi dikenal memiliki hubungan dekat, sama-sama berasal dari kelulusan Akabri tahun 1986.

Marsda Yuyu Sutisna, S.E., M.M kelahiran, Bandung, Jawa Barat, pada tanggal 10 Juni 1962 silam, saat ini berusia 55 tahun, tamat AAU dilantik menjadi Letnan Dua tahun 1986, kariernya sebagai Penerbang Tempur F-5 Tiger hingga puncak jabatan sebagai Komandan Skadron Udara 14, diraih di Lanud Iswahyudi.

Pada tahun 2001 yang lalu, Yuyu “Lion” Sutisna meraih Badge 2.000 jam terbang dengan Pesawat F-5 Tiger II.

Setelah menjabat Danlanud Iswahyudi, Yuyu menjadi Kas Koopsau II, Wakil Asisten Operasi Kasau, Staf Khussus Kasau, dan mengikuti berbagai pendidikan.

Yuyu berhasil menjadi lulusan terbaik termasuk Seskoau tahun 2010, Sesko pada tahun 2010 dan Lulus PPSA/ XlX tahun 2013 juga peringkat pertama TNI/Polri.

Menikah dengan Ayuning Dewanti, Yuyu dianugerahi 3 orang putra/putri yaitu Nadya Afiefa Putri, Hafiz Prasetia Akbar dan Annisa Elsia Pramesti. Marsekal Yuyu memiliki sebanyak 13 tanda kehormatan mulai dari Bintang Swa Bhuana Paksa Pratama, Satyalancana GOM Vll (Aceh), hingga Satyalancana Wira Karya, hingga Satyalancana Kebaktian Sosial.

Kedekatannya dengan Marsekal Hadi karena berasal dari angkatan yang sama, nama Yuyu Sutisna memang mempunyai kans yang paling besar, Namun, jawaban pastinya ada di tangan Presiden Jokowi. Presiden memiliki hak prerogatif untuk memilih kepala staf angkatan sebagai Panglima Tertinggi (commander in chief) TNI.

Selain Marsekal Yuyu, saat ini terdapat tiga orang Marsekal lainnya di TNI AU. Mereka adalah Kepala Badan SAR Nasional Marsda M Syaugi, Wakil Gubernur Lemhannas Marsekal Madya Bagus Puruhito serta Sekjen Kementerian Pertahanan Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja.



Sumber: BeritaSatu.com