Jelang Natal, Pesanan Tiket Bus di Bengkulu Masih Sepi

Jelang Natal, Pesanan Tiket Bus di Bengkulu Masih Sepi
Ilustrasi Bus Antarkota ( Foto: Antara )
Yustinus Paat / WBP Senin, 11 Desember 2017 | 09:20 WIB

Bengkulu - Pesanan tiket bus jelang Natal dan Tahun Baru 2018 tujuan Pulau Jawa dan sejumlah kota di Sumatera pada perusahaan otobus (PO) antar-kota antar-provinsi (AKAP) di wilayah Bengkulu masih sepi.

"Sampai sekarang pesanan tiket mudik Natal dan Tahun Baru jurusan Pulau Jawa dan beberapa kota di Sumatera masih sepi," kata Anto (32), salah seorang operator bus AKAP jurusan Pulau Jawa, di Bengkulu, Senin (11/12).

Ia mengatakan, pada tahun lalu, dua pekan sebelum Natal semua tempat duduk bus AKAP tujuan Pulau Jawa dan sejumlah kota di Sumatera sudah 80 persen terjual. "Tapi tahun ini benar-benar sepi," ujarnya.

Ia mengatakan, meski masih sepi, namun para pengusaha bus AKAP tetap menyiapkan moda tranportasi untuk Natal. "Meski pemudik Natal di Bengkulu, tidak seramai di daerah lain, tapi kita tetap menyiapkan bus angkutan mudik Natal," ujarnya.

Hal senada diungkapkan Syaiful (32). Ia mengatakan, pesanan tiket mudik Natal di Bengkulu, sepi dibanding tahun lalu. Sampai saat ini, pesanan tiket baru sekitar 25 persen dari tempat duduk yang ada.

Sementara Kepala Dishub Bengkulu, Bambang Budi Jatmiko mengatakan, pihaknya telah meminta pengusaha bus AKAP tujuan Jawa dan kota di Sumatera untuk menyiapkan bus angkutan mudik Natal.

Namun, jumlah bus yang disiapkan tidak sebanyak pada saat menghadapi angkutan mudik Idul Fitri, karena warga Bengkulu, yang merayakan Natal relatif sedikit dibanding Idul Fitri.

"Kita siapkan bus angkutan Natal dan Tahun Baru di daerah ini, sehingga warga yang akan merayakan Natal di kampung halaman tidak terhambat. Demikian pula untuk angkutan udara disesuaikan dengan maskapai yang ada," ujarnya.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE