Batal Dilantik Jadi Ketua DPR, Azis Syamsudin Pasrah

Batal Dilantik Jadi Ketua DPR, Azis Syamsudin Pasrah
Anggota DPR dari Fraksi Golkar, Azis Syamsuddin. ( Foto: Antara )
Aichi Halik / AHL Senin, 11 Desember 2017 | 20:01 WIB

Jakarta - Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR perihal pergantian ketua DPR yang sempat berlangsung alot pada akhirnya memutuskan tidak akan membahas penunjukan Ketua Banggar Azis Syamsudin sebagai ketua DPR oleh Setya Novanto di Rapat Paripurna hari ini.

Mengomentari hasil rapat Bamus tersebut Azis Syamsudin menyatakan tidak mempermasalahkannya dan menyerahkan segala mekanisme yang ada kepada Pimpinan DPR.

"Nanti kita saksikan di Rapat Paripurna, kita kan sudah serahkan kepada pimpinan mekanisme Bamus dan tatib. Gitu aja," kata Azis usai mengikuti rapat Bamus DPR di gedung Nusantara III, Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (11/12).

Dia menilai penundaan ini lebih baik daripada menciptakan kegaduhan. Sebab, baik dirinya, Pimpinan DPR, maupun Golkar tidak ingin ada kegaduhan politik akibat pergantian ketua DPR yang terkesan diburu-buru.

"Gaduh dalam arti kata ada perbedaan-perbedaan di internal akhirnya supaya tidak terjadi meluas disepakati di dalam Bamus untuk menunda pembacaan surat tersebut di dalam rapur [Rapat Paripurna]," kata Azis.

Menurutnya, dengan adanya keputusan Bamus ini, maka Pimpinan DPR akan mengirim surat pada pimpinan fraksi Golkar untuk memberi ruang gerak kepada internal Golkar melakukan konsolidasi.

"Ya nantinya (tenggat) sampai Januari," kata Azis.

Meski begitu, Azis menekankan dalam Rapat Paripurna DPR hari ini akan tetap diputuskan pengunduran diri Setya Novanto sebagai ketua DPR. Sebab, menurutnya, itu sudah sesuai dengan UU MD3 dan telah disetujui oleh Pimpinan DPR.



Sumber: BeritaSatu TV