Tak Lolos ke Tahap Verifikasi Faktual, Partai Tommy Soeharto Gugat KPU

Ilustrasi KPU (istimewa)

Oleh: Yustinus Paat / CAH | Jumat, 15 Desember 2017 | 09:32 WIB

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum menyatakan Partai Berkarya, bentukan Tommy Soeharto tidak memenuhi syarat administrasi sebagai calon parpol peserta pemilu tahun 2019. Partai Berkarya pun gagal mengikut tahapan selanjutnya, yaitu verifikasi faktual.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang mengatakan pihaknya akan segera mengajukan gugatan kepada Bawaslu. Pasalnya, undang-undang memberikan kesempatan kepada parpol yang gagal di tahapan penelitian administrasi untuk mengajukan gugatan atau sengketa.

"Kita segera mendaftarkan gugatan ke Bawaslu. Kita masih ada kesempatan untuk itu. Hari ini rencananya kita ajukan gugatan" ujar Badaruddin di Jakarta, Jumat (15/12).

Badaruddin mengakui bahwa pihaknya, secara administrasi telah memenuhi syarat kepengurusan dan kantor di seluruh wilayah Indonesia. Apalagi kata dia, syarat pendaftaran dan keanggotaan sudah dinyatakan memenuhi syarat di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

"Kalau kita secara administrasi kantor dan kepengurusan 100 persen aman memenuhi syarat. Mungkin kalau kita di Sipol keanggotaan kita juga hijau dan resmi secara Sipol kan hijau itu memenuhi syarat," jelas dia.

Menurut dia, Partai Berkarya sudah bekerja keras melakukan perbaikan administrasi. Namun, kata dia, ada persoalan teknologi dan geografis khususnya di daerah Indonesia Timur sehingga hasil perbaikannya terlambat masuk ke KPU di tingkat daerah di wilayah Indonesia Timur.

"Tapi di lapangan saat verifikasi perbaikan ini, mungkin karena masalah teknologi, geografis temen-temen di daerah khususnya di DPD di daerah timur terlambat menyampaikan sehingga ada beberapa DPD KPUD menolak hasil perbaikan itu, sehingga berita acara yang masuk ke sini tidak sesuai dengan hasil perbaikan kita terakhir. Itu yang masuk ke kita tapikan kita sudah perbaiki," pungkas dia.

Sebagaimana diketahui, KPU telah mengumumkan bahwa ada 12 parpol yang lolos tahapan verifikasi faktual parpol calon peserta Pemilu 2019. Ke-12 parpol tersebut adalah Partai Perindo, PSI, PDIP, Hanura, Nasdem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Partai Demokrat dan PKB.

Sementara dua parpol dinyatakan tidak lolos ke tahapan verifikasi faktual, yakni Partai Berkarya dan Partai Garuda. Kedua parpol ini bisa menggugat keputusan KPU ke Bawaslu.




Sumber: BeritaSatu.com
ARTIKEL TERKAIT