Ini Alasan PKS Akhirnya Dukung Gus Ipul

Ini Alasan PKS Akhirnya Dukung Gus Ipul
Bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (kanan)-Puti Guntur Soekarno. ( Foto: Antara / Zabur Karuru )
Teguh L Rahmadi / CAH Jumat, 12 Januari 2018 | 08:11 WIB

Surabaya - Rencana pembentukan poros emas yang dimotori tiga partai politik masing-masing Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Pemilihan Gubernur Jawa Timur, gagal total. Masalahnya, calon yang akan diusung Zannuba Ariffah Chason Rahman Wahid atau Yenny Wahid, putri Presiden KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Periode 1999-2001, tidak bersedia dicalonkan sebagai bakal calon gubernur.

Gerindra dan PKS akhirnya berbalik mendukung pasangan Saifullah Yusuf atau Gus Dur-Puti Guntur Soekarno, yang sebelumnya diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) . Sedangkan PAN mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak yang diusung dan didukung Partai Demokrat, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Seperti diketahui, ketiga parpol tersebut selalu bergandengan dalam pemilihan kepala daerah dibanyak tempat. Tetapi dalam Pilgub Jatim, khusunya Gerindra dan PKS mendukung Gus Ipul- Puti Guntur yang diusung PKB dan PDI.

“PKS mendukung calon yang sering intens berkomunikasi dengan PKS. Yang intens berkomunikasi dengan PKS hanya Gus Ipul,” kata Ketua Umum DPW PKS Jatim Arif Hari Setiawan DPW PKS. Selama ini, diakui, PKS, membangun komunikasi jauh sebelum Gus Ipul, diusung PKB dan PDIP.

Selain intens berkomunikasi dengan PKS, menurutnya, calon tersebut juga berkomitmen untuk membantu PKS dalam sejumlah Pilkada di Jatim. Sedangkan, Khofifah sangat minim menjalin komunikasi dengan partai yang memiliki 6 kursi di DPRD Jatim itu.
“Kami tidak peduli siapa pun wakilnya, baik itu laki-laki atau perempuan sama saja. Kalau hubungan kami kan dengan cagub bukan cawagub. Kami memilih calon kan tidak untuk kalah, tapi tentu yang memiliki peluang besar untuk menang,” paparnya.

Hal yang sama disampaikan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jatim, Hendro T Subiyantoro, bahwa partainya mendukung sosok Gus Ipul karena sudah faktor kedekatan. Bahkan untuk menunjukkan keseriusan dukungannya, dalam masa kampanye nanti, akan menerjunkan langsung Ketua Umum Prabowo Subianto.

Prabowo nanti berkampanye yang di basis massa dan simpatisannya. Partai ini juga akan menerjunkan kepala daerah untuk menjadi juru kampanye. Di antaranya Bupati Ponorogo, Ipong Muchlisoni, Bupati Bangkalan, Madura, Ra Momon, dan Wakil Bupati Trenggalek, Arifin.

“Pak Prabowo, juga akan memberikan pencerahan dan instruksi untuk memenangkan Gus Ipul, dalam acara konsolidasi Gerindra di Jatim,” kata Hendro.



Sumber: Suara Pembaruan