Paslon Independen Pilwakot Bengkulu Gagal Penuhi Syarat

Paslon Independen Pilwakot Bengkulu Gagal Penuhi Syarat
Ilustrasi Pilkada Serentak 2018. ( Foto: Antara )
Usmin / HA Senin, 22 Januari 2018 | 17:16 WIB

Bengkulu - Satu dari dua pasangan calon (paslon) independen dalam pemilih wali kota dan wakil wali kota Bengkulu gagal memenuhi syarat administratif sehingga tidak bisa mengikuti pemilihan.

Pasangan Jahin Lihan Bustami-Khairunnisa tidak menyerahkan fotokopi KTP pendukung sesuai jumlah minimum yang dipersyaratkan.

Ketua KPU Kota Bengkulu Darliansyah, Senin (22/1), mengatakan, dari hasil verifikasi awal berkas syarat pendaftaran yang dilakukan KPU setempat, maka dipastikan Jahin-Khairunnisa tidak bisa lagi melanjutkan ke tahapan berikutnya.

Sampai batas waktu terakhir penyerahan syarat dukungan KTP pada pukul 23.59 WIB, Sabtu (20/1), Jahin–Khairunnisa tidak juga menyerahkan kekurangan berkas KTP dukungan tersebut.

Selain tidak menyerahkan kekurangan KTP dukungan, paslon itu juga tidak melengkapi surat keterangan tidak sedang dinyatakan pailit dari Pengadilan Niaga atau Pengadilan Tinggi Bengkulu.

"Dengan tidak melengkapi kedua syarat tersebut, maka paslon Jahin Lihan Bustami-Khairunnisa dinyatakan gugur sebagai balon wali kota dan wakil wali kota Bengkulu 2018," ujar Darlinsyah.

Sedangkan paslon dari jalur independen lainnya, yakni Davis Suhardi-M Baksir telah melengkapi syarat kekurangan dukungan dengan menyerahkan sebanyak 40.000 foto kopi KTP ke KPU setempat, sehingga mereka berhak mengikuti tahapan berikutnya.

Dengan demikian, pilwakot Bengkulu 2018 akan diikuti empat paslon, termasuk Patriana Sosialinda-Mirza, Erna Sari Dewi-Ahmad Zarkasih, Helmi Hasan-Dedy Wahyudi, dan paslon David Suhardi-M Baksir.

Tiga paslon ini mengikuti pemilihan dari jalur parpol, yakni paslon Patriana-Mirza diusung Golkar, PDIP, Demokrat dan Hanura; Helmi-Dedy diusung PAN dan Gerindra; Erna-Ahmad diusung Partai Nasdem, PPP dan PKS.

David adalah anggota TNI aktif berpangkat Mayor dan masih menjabat sebagai sebagai Kepala Penerangan (Kapenrem) 041 Garuda Mas (Gamas) Bengkulu, sedangkan Baksir adalah mantan Kepala BNN Kota Bengkulu.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE