Buka Rapim, Presiden Apresiasi TNI-Polri Jaga Demokrasi

Buka Rapim, Presiden Apresiasi TNI-Polri Jaga Demokrasi
Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / WBP Selasa, 23 Januari 2018 | 10:59 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Pimpinan (rapim) TNI dan Polri di Aula Gedung Gatot Subroto, Markas Besar TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa (23/1). Pada kesempatan itu, Presiden memberikan pengarahan kepada peserta rapim.

Presiden mengapresiasi sekaligus berterimakasih kepada jajaran TNI dan Polri dalam menjaga setiap proses demokrasi di Tanah Air. Dikatakan Presiden, Indonesia berhasil melalui pesta demokrasi nasional dan lokal lima tahunan seperti pemilu legislatif (pileg), pemilu presiden dan wakil Presiden (pilpres) serta pemilihan kepala daerah (pilkada). Seluruhnya berlangsung aman, tertib dan kondusif. “Saya menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada seluruh jajaran TNI dan Polri,” kata Presiden dalam pidatonya.

Menurut Presiden, suksesnya berbagai pesta demkokrasi tak terlepas dari sikap masyarakat yang dinilai semakin dewasa dalam berdemokrasi dan berpolitik. “Masyarakat kita semakin matang, semakin dewasa dalam berdemokrasi. TNI-Polri menjalan tugas dengan baik dalam mengamankan setiap kegiatan demokrasi yang kita lakukan,” ujar Presiden.

Pertemuan kemudian digelar secara tertutup untuk awak media.

Sekadar diketahui, kedatangan Presiden di Mabes TNI disambut sekelompok penari reog Ponorogo yang merupakan gabungan prajurit TNI dan Polri serta atraksi kesenian tradisional. Presiden menyapa sembari bersalaman dengan peserta rapim diikuti sesi foto bersama.

Turut hadir mendampingi Presiden di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Kantor Staf Presiden Jenderal (Purn) Moeldoko, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Rapim TNI-Polri digelar pada 23-25 Januari 2018. Kegiatan ini diikuti para pimpinan, pejabat utama dan kepala satuan wilayah TNI dan Polri. Rapim juga digelar dalam rangka mengevaluasi kinerja kedua institusi sepanjang 2017. Selanjutnya, rapim membahas segala hal yang akan dilakukan selama 2018. TNI dan Polri juga bakal melakukan penandatanganan nota kesepahaman.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan sejumlah menteri nantinya akan memberikan pembekalan dalam jam berbeda. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dijadwalkan menyampaikan pembekalan mengenai kebijakan Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) mendukung Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018 serta Pemilu 2019 pada pukul 16.00 WIB.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE