DPR Akan Luncurkan Aplikasi Pengaduan Masyarakat

DPR Akan Luncurkan Aplikasi Pengaduan Masyarakat
Ketua DPR Bambang Soesatyo saat menerima pemaparan aplikasi “DPR dalam Genggaman Rakyat.” ( Foto: Ist )
Markus Junianto Sihaloho / FMB Kamis, 8 Februari 2018 | 09:55 WIB

Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan membuat sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi dan pengaduan kepada para wakilnya di DPR. Selama ini, pengaduan kepada parlemen memang kerap dilakukan dengan audiensi secara langsung. Sementara untuk mengetahui sejauh apa respons atas pengaduan, tak ada mekanisme yang jelas.

"Jadi untuk mengetahui pengaduan yang disampaikan masyarakat, tidak perlu lagi datang ke DPR. Tetapi, cukup dengan mengklik layar komputer atau handphone, sudah mengetahui sampai mana proses pengaduan," ujar Ketua DPR Bambang Soesatyo, Kamis (8/2).

"Semudah update status di media sosial melalui handphone," lanjutnya.

Lewat aplikasi itu, Bambang ingin masyarakat juga bisa memperoleh informasi tentang kegiatan dan hasil-hasil kegiatan DPR.

Keinginan Bambang itu langsung dikerjakan oleh jajaran Sekretariat Jenderal DPR RI. ‎Aplikasi itu rencananya akan dinamakan “DPR dalam Genggaman Rakyat.”

Penjabat Sekretaris Jenderal DPR, Damayanti, mengatakan bahwa aplikasi sedang difinalisasi dan akan segera diluncurkan pada akhir pekan depan. Damayanti bersama timnya sudah melakukan pemaparan teknis atas perkembangan pengembangan aplikasi layanan masyarakat dimaksud.

‎Bambang berharap, antusiasme dan dukungan masyarakat makin besar agar DPR semakin memperbaiki diri. Baginya, DPR RI tak akan berarti apa-apa tanpa partisipasi masyarakat.

"DPR RI tak akan lelah memperbaiki diri. Kami juga akan terus mengikuti perkembangan zaman," kata Bambang.

"Melalui sistem aplikasi yang nanti akan diluncurkan dan bisa di-download di handphone, saya berharap DPR RI akan semakin dekat dengan masyarakat. Melalui aplikasi ini, kami ingin rakyat merasakan kehadiran DPR RI dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE