Menlu: Pemerintah Kawal Proses Hukum Kematian TKI Adelina

Menlu: Pemerintah Kawal Proses Hukum Kematian TKI Adelina
Retno Marsudi. ( Foto: Antara / Sigid Kurniawan )
Aichi Halik / AHL Selasa, 13 Februari 2018 | 21:08 WIB

Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengatakan KJRI Penang akan memastikan hak kompensasi terhadap TKW Indonesia, Adelina (21), yang tewas dianiaya di Penang, Malaysia. 

"Dapat saya pastikan bahwa kita akan melakukan pendampingan hukum. Kita ikuti terus sehingga tidak ada hak dari warga negara kita yang terkurangkan. KJRI akan mengawal proses hukum dan memastikan hak-hak dapat terpenuhi, termasuk dalam hal ini, hak atas kompensasi atau disebut remedial justice," ujar Retno di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (13/2).

Retno menambahkan pihaknya melalui KJRI Penang akan mengawal proses hukum yang terjadi di sana. Otoritas Malaysia juga sudah menyampaikan ucapan belasungkawa.

"Kita juga menyampaikan bahwa otoritas Malaysia juga sudah bergerak dan bahkan Chief Minister Pulau Penang sudah menyampaikan surat duka cita," katanya.

Adelina (21), yang berasal dari NTT, meninggal saat menjalani perawatan medis di RS Bukit Mertajam, Penang, Malaysia, pada Minggu (11/2) sore pada pukul 16.45 waktu setempat.

KJRI Penang telah mendatangi rumah sakit itu dan kini terus berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat. Para pelaku penganiayaan Adelina diancam hukuman mati terkait pembunuhan berencana. Hingga saat ini, polisi sudah menangkap 3 orang tersangka terkait kasus penganiayaan tersebut.



Sumber: BeritaSatu TV
CLOSE