BPIH Naik, Kementerian Agama Diminta Benahi Penyelenggaraan Haji

BPIH Naik, Kementerian Agama Diminta Benahi Penyelenggaraan Haji
Jemaah haji di Arab Saudi. ( Foto: AFP )
Markus Junianto Sihaloho / FER Rabu, 14 Maret 2018 | 18:30 WIB

Jakarta - Pemerintah dan Komisi VIII DPR sudah menyepakati biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) 2018 meningkat 0,9 persen ke angka Rp 35.235.602.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), mengatakan, seiring peningkatan BPIH, Kementerian Agama (Kemenag) diminta untk terus meningkatkan pelayanan dalam penyelenggaraan ibadah haji. Pemerintah harus benar-benar berbenah dalam melayani para calon jemaah.

"Meminta Kementerian Agama untuk berkomitmen meningkatkan pelayanan haji. Tidak hanya dari sisi materi tetapi juga kualitas," ujar Bamsoet, di Jakarta, Rabu (14/3).

Bamsoet menambahkan, hal yang sangat penting dalam penyelenggaraan ibadah haji adalah keamanan dan kenyamanan jemaah. "Pemerintah harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat dalam melaksanakan ibadahnya," tegasnya.

Bamsoet juga mengimbau agar masyarakat bisa memahami dan menerima kenaikan BPIH. Sebab, kenaikan tersebut tak bisa dihindari.

"Ada kebijakan pemerintah Arab Saudi yang memberlakukan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar lima persen untuk semua barang dan jasa yang dikonsumsi dan dipergunakan di Arab Saudi serta kenaikan bahan bakar pesawat," sebutnya.

Selain itu, kata Bamsoet, pihaknya juga meminta tim pengawas haji DPR, untuk menggenjot kinerja dalam melakukan pengawasan.

"Termasuk, meningkatkan pengawasan terhadap perencanaan dan pelaksanaan ibadah haji," tandas politisi Golkar ini.



Sumber: BeritaSatu.com
CLOSE