BNNP Sumut Musnahkan Barang Bukti Setengah Ton Ganja

BNNP Sumut Musnahkan Barang Bukti Setengah Ton Ganja
Ilustrasi ( Foto: Antara )
Arnold H Sianturi / FER Rabu, 14 Maret 2018 | 22:59 WIB

Medan - Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (BNNP Sumut) memusnahkan barang bukti ganja seberat 466 kilogram (Kg) dan 14.747 butir pil ekstasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pirngadi, Medan, Sumut, Rabu (14/3).

Kepala BNNP Sumut, Brigjen Pol Marsauli Siregar, mengatakan, pemusnahan barang bukti narkoba dengan berat hampir setengah ton ini, sebagai bagian dari komitmen dalam memerangi peredaran narkoba.

"Seluruh barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan penyitaan dari lima orang tersangka jaringan narkoba. Pemusnahan barang bukti ini diatur dalam Undang - undang (UU), dan sudah disetujui oleh pihak kejaksaan," ujar Marsauli Siregar.

Marsauli Siregar menyebutkan, barang bukti narkoba ini disita dari tersangka Wagino dan Syamsu Wijaya, dengan berat sekitar 233 kg ganja, pada 16 Januari 2018. Kemudian, dari tersangka Casmita Arya sebanyak 14.746 butir ekstasi pada 28 Januari 2018. Dari tersangka Abadi dan Armansyah, sebanyak 7 goni berisikan 214 bungkus ganja kering (214 kg), pada 11 Februari 2018.

"Sampai saat ini, BNNP Sumut bekerja sama dengan aparat kepolisian, TNI, pemerintah maupun elemen masyarakat, masih terus melakukan pemberantasan narkoba. Kita komitmen demi melindungi anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa ini," katanya.

Direktur RSUD Pirngadi, dr Suryadi Panjaitan, menyampaikan, pihaknya mengapresiasi BNN yang melibatkan rumah sakit milik pemerintah daerah dalam memusnahkan barang bukti narkoba. Apalagi, pemusnahan ini menggunakan mesin pemusnahan yang dimiliki rumah sakit tersebut.

"Kami mengharapkan, kerja sama ini terus terjalin untuk ke depannya. Kita siap memberikan dukungan dengan menyediakan mesin sebagai alat memusnahkan narkoba," tambahnya.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE