Kemristekdikti-BUMN Sepakati Hilirisasi Inovasi

Kemristekdikti-BUMN Sepakati Hilirisasi Inovasi
Rini Soemarno. ( Foto: Antara )
Ari Supriyanti Rikin / CAH Senin, 16 April 2018 | 20:06 WIB

Jakarta - Hasil riset dan inovasi harus menjawab kebutuhan industri. Untuk itulah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) mendorong hilirisasi inovasi agar bisa dimanfaatkan oleh seluruh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Saat ini sejumlah inovasi sudah dimanfaatkan industri BUMN. Ke depan ditargetkan lebih banyak lagi hasil inovasi bisa memenuhi kebutuhan BUMN.

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan itu, Kemristekdikti melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) hilirisasi hasil inovasi lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) dan perguruan tinggi (PT) dengan Kementerian BUMN di Jakarta, Senin (16/4).

Hadir dalam penandatanganan MoU hilirisasi inovasi kepada BUMN tersebut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dan Menteri BUMN Rini M Soemarno.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan, saat ini riset dan inovasi para peneliti diarahkan untuk sesuai dengan kebutuhan industri (demand side).

"Jadi perlu dilihat BUMN kebutuhannya seperti apa ke depan," katanya.

Beberapa hasil riset yang sudah dimanfaatkan BUMN antara lain garam farmasi oleh Kimia Farma, fitofarmaka oleh Biofarma. Selain itu, Biofarna sedang mengembangkan stem jantung.

Menurut Nasir, industri yang tidak memanfaatkan inovasi akan tertinggal. Kemristekdikti pun mendorong ke Kementerian Keuangan agar ada insentif bagi industri yang melakukan riset melalui pemberian double tax reduction. Di Singapura lanjutnya, bahkan sudah ke triple tax reduction.

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengungkapkan, BUMN perlu mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu ia mendorong agar riset dan inovasi lebih banyak lagi di lingkungan BUMN.

"Kita lihat potensi inovasi dan kita hilirisasikan yang bermanfaat," ujarnya.

Melalui kerja sama ini, diharapkan bisa membantu riset BUMN yang dananya kecil. Dengan riset yang dilakukan oleh lembaga litbang dan perguruan tinggi diharapkan bisa membantu BUMN terus berinovasi dalam melayani masyarakat.



Sumber: Suara Pembaruan
CLOSE